Bayar Akuisisi SMCB, SMGR Terbitkan Obligasi Rp 4,1 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 May 2019 14:39
Bayar Akuisisi SMCB, SMGR Terbitkan Obligasi Rp 4,1 T
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menetapkan nilai emisi obligasi yang akan diterbitkan sebesar Rp 4,078 triliun, turun dari target semula Rp 4,9 triliun. Obligasi tersebut sudah ditawarkan pada 22 dan 23 Mei 2019 lalu.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), surat utang ini akan diterbitkan dalam dua seri.

Seri A dengan nilai Rp 3,36 triliun dan tingkat bunga 9%, memiliki tenor sepanjang lima tahun. Untuk seri B bernilai emisi Rp 714 miliar dengan kupon 9,10% dengan jangka waktu selama a7 tahun.

SMGR masih akan melakukan proses penjatahan pada 24 Mei dan distribusi elektronik pada 28 Mei serta mencatatkan efek tersebut di bursa pada 29 Mei.


Penerbitan tahap II tersebut merupakan bagian penawaran umum berkelanjutan (PUB) senilai total Rp 8 triliun. Sebelumnya perusahaan telah menerbitkan dengan nilai emisi Rp 3 triliun.

Menurut prospektus yang dirilis perusahaan bersama dengan keterbukaan ini, dana tersebut seluruhnya akan digunakan Semen Indonesia untuk membayarkan sebagian dari hutang jangka panjangnya yang dikantongi perusahana setelah melakukan akuisisi PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) dari Holdervin B.V.

Jumlah utang yang akan dibayarkan seluruhnya bernilai sebesar US$ 926,97 juta atau ekuivalen dengan Rp 13,07 triliun. Dana tersebut merupakan utangan dari konsorsium perbankan asing yakni BNP Paribas, Deutsche Bank AG cabang Singapura, Maybank Kim Eng Securities Pte Ltd, MUFG Bank Ltd dan Standard Chartered Bank.

Rencananya dengan hasil obligasi ini akan dibayarkan terlebih dahulu senilai US$ 247,16 juta atau Rp 3,48 triliun. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading