Ini Alasan BRI Akuisisi Danareksa Sekuritas dan Modal Ventura

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
25 March 2019 18:41
Ini Alasan BRI Akuisisi Danareksa Sekuritas dan Modal Ventura
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Suprajarto buka-bukaan alasan akuisisi modal ventura milik Bahana dan sebagian saham Danareksa Sekuritas.

Suprajarto mengatakan akuisisi modal ventura tersebut untuk mengembangkan platform fintech dan startup. "BRI sudah besar tidak bisa fokus menangani yang kecil makanya kami ambil," ujar Suprajarto dalam acara Closing Bell CNBC Indonesia TV, Senin (25/3/2019).

Suprajarto menambahkan alasan akuisisi saham Danareksa Sekuritas agar nasabah tidak perlu lagi pergi ke tempat lagi. Nasabah ritel bisa bertransaksi di jaringan BRI sementara nasabah korporasi bisa memanfaatkan BRI untuk melakukan initial public offering (IPO) dan menerbitkan obligasi.


"Kami punya tugas buat menabung saham, kami terkendala kendala karena gak punya sekuritas, mudah-mudahan [dengan ini] bisa nabung saham sehingga saham ritel bisa berkembang, BRI bisa berkontribusi," jelas Suprajarto.


Suprajarto menambahkan BRI memiliki keinginan agar nama BRI diselipkan dalam nama sekuritas. Adanya nama BRI bisa memberikan branding yang luar biasa bagi Danareksa Sekuritas.

"Danareksa sekuritas ada BRI akan menambah branding, lebih dikenal masyarakat dan masyarakat bisa lebih percaya karena induknya besar. Ini lagi didiskusikan," jelasnya.

Suprajarto menambahkan BRI juga membuka peluang untuk akuisisi bank lain bila ada bank yang cocok dengan bisnis, harga dan infrastruktur perusahaan. "Kami sudah cadangkan untuk [beli] satu bank kecil di RKAP, kami lagi lihat-lihat," jelasnya.

Asal tahu saja, tahun lalu BRI merampungkan akuisisi anak PT Bahana Artha Ventura bernama PT Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura yang memiliki aset Rp 3 miliar.

BRI juga melakukan perjanjian pembelian saham bersyarat dengan Danareksa. Total nilai transaksi perjanjian itu mencapai mencapai Rp 819 miliar. Nilai itu dikeluarkan perusahaan untuk mengambil alih kepemilikan 67% Danareksa Sekuritas dan 35% Danareksa Investment Management.


Untuk Danareksa Sekuritas, BRI mengeluarkan dana sebesar Rp 447 miliar. Sementara untuk 35% saham Danareksa Investment Management, BRI merogoh kocek Rp 372 miliar.

Simak video cara BRI turunkan NPL di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading