Cuan Berapa Pieter Tanuri dari Jual MASA?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 March 2019 18:29
Cuan Berapa Pieter Tanuri dari Jual MASA?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengusaha Pieter Tanuri, pemilik PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) menjual 80% saham perusahaan yang dipimpinnya kepada Compagnie Générale des Établissements Michelin, produsen ban asal Perancis. Nilai transaksi penjualan saham tersebut mencapai US$ 439 juta (Rp 6,2 triliun, asumsi kurs Rp 14.000/US$).

Tapi berapakah yang diterima oleh Pieter atas penjualan saham perusahaannya ini?

" ... tapi tidak (memperoleh) sampai US$ 400 juta ya, kan banyak ada grup Indomobil juga," kata Pieter di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (20/3).

Di perusahaan ban dengan merk jual Achiles dan Corsa ini Pieter tercatat memiliki kepemilikan sebesar 22,7%. Jika dihitung dari nilai transaksi tersebut, diperkirakan dana segar yang diperolehnya mencapai Rp 1,58 triliun.


Multistrada adalah produsen ban lokal yang mempunyai kapasitas produksi lebih dari 180.000 ton yang terdiri dari 11 juta unit ban kendaraan penumpang roda empat, 9 juta ban kendaraan roda dua, dan 250.000 ban truk. Pada 2017, penjualan bersih MASA tercatat sebesar US$281 juta.

Michelin adalah produsen ban terbesar di dunia, bermarkas di Clermont-Ferrand, Auvergne, Prancis. Didirikan oleh dua bersaudara Édouard Michelin dan André Michelin pada 1889.

Pada tahun 1891, Michelin akhirnya mematenkan produk ban pneumatik tanpa lemnya yang digunakan oleh Charles Terront untuk memenangkan lomba bersepeda jarak jauh pertama, Paris-Brest-Paris. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading