Sah! Michelin Borong Multistrada Rp 6,8 T Lewat Trimegah

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
06 March 2019 11:33
Sah! Michelin Borong Multistrada Rp 6,8 T Lewat Trimegah
Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen ban asal Perancis, Michelin resmi membeli saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) hari ini, Rabu (6/3/2019). Transaksi ini dilakukan di pasar negosiasi melalui crossing (transaksi tutup sendiri) via Trimegah Sekuritas senilai Rp 6,8 triliun.

Michelin resmi mengakuisisi Multistrada pada 22 Januari 2019 sebanyak 80% saham senilai US$439 juta (Rp 6,2 triliun) melalui pembiayaan internal perusahaan.

Sesuai peraturan yang berlaku, Michelin diwajibkan melakukan penawaran umum (tender offer) saham milik publik dengan harga sama yang ditawarkan kepada 80% pemegang saham Michelin.

Multistrada adalah produsen ban lokal yang mempunyai kapasitas produksi lebih dari 180.000 ton yang terdiri dari 11 juta unit ban kendaraan penumpang roda empat, 9 juta ban kendaraan roda dua, dan 250.000 ban truk. Pada 2017, penjualan bersih MASA tercatat sebesar US$281 juta.


Chief Executive Officer Michelin Jean-Dominique Senard mengatakan akuisisi itu merupakan peluang yang tepat bagi Michelin memperluas pasarnya di Indonesia.

"Indonesia sebagai negara dengan populasi paling tinggi di Asia Tenggara punya potensi pasar yang terus tumbuh, dengan akuisisi ini Michelin mendapatkan kapasitas produksi yang berkualitas baik tanpa harus membuat fasilitas manufaktur baru," kata Jean.


Simak ulasan akuisisi Multistrada oleh Michelin.
[Gambas:Video CNBC]
(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading