Diam-diam, S&P Berniat Jadi Pemegang Saham Pefindo

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 March 2019 - 13:17
Diam-diam, S&P Berniat Jadi Pemegang Saham Pefindo
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemegang saham mayoritas PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengakui bahwa memang ada lembaga rating internasional yang tengah mendekati Pefindo untuk masuk sebagai pemegang saham. Bahkan lembaga ini sudah menyampaikan Letter of Intent (LoI) yang menunjukkan keseriusannya tersebut.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djayadi mengatakan lembaga rating yang tengah melakukan pendekatan adalah Standard & Poor's (S&P), lembaga rating internasional yang bermarkas di Amerika Serikkat. Keseriusan ini ditunjukkan dengan memberikan LoI kepada Pefindo.

"Iya memang ada yang sedang pendekatan, bahkan sudah menyampaikan LoI. Iya betul (S&P)," kata Inarno kepada CNBC Indonesia, Rabu (20/3).

Sebelumnya, Direktur Utama Pefindo Salyadi Saputra mengatakan keputusan masuknya calon pemegang saham baru ini masih menunggu pertimbangan dari pemegang sahamnya. Sebab, dengan masuknya shareholder baru ini nanti dapat memberikan dampak positif untuk Pefindo.


Dia menjelaskan, saat ini jasa yang diberikan oleh Pefindo adalah memberikan rating atau pemeringkatan bagi perusahaan dan instrumen utang seperti obligasi.

Jika sinergi dengan lembaga pemeringkatan internasional terealisasi, tak menutup kemungkinan untuk pengembangan pemeringkatan reksa dana, kredit korporasi dan jasa analisa lainnya guna mendukung pengembangan pasar surat utang dan pasar modal.

Selain itu, keuntungan lain yang bisa didapatkan Pefindo adalah penggunaan metode yang belum digunakan di Indonesia, tapi sudah berkembang di dunia pemeringkatan global.

Saat ini pemegang saham terbesar Pefindo adalah Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kepemilikan sebesar 32,37%. Investor lain yakni perusahaan efek, dana pensiun, asuransi yang semuanya masih berbendera Indonesia.

Sebenarnya, pada awal berdiri atau Juli 1996, Pefindo mendapatkan teknis dan konsultasi dari Standard and Poor's (S&P). Proses pemeringkatan PEFINDO juga telah mengadopsi metodologi S&P.

Secara berkala, analis dan direktur Pefindo menghadiri berbagai kursus dan lokakarya yang diselenggarakan oleh S&P.

Selain itu, kerja sama ini juga telah diperluas untuk mencakup upaya pemasaran bersama untuk perusahaan lokal potensial dan mengorganisir seminar untuk memperluas pasar di Indonesia.

Pefindo dan S&P juga telah bekerja bersama dalam profil PCA (Private Credit Analysis), Penilaian Tata Kelola Perusahaan dan Peringkat Efek Beragun Aset pada perusahaan-perusahaan Indonesia. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading