Brexit Ditolak Lagi, IHSG Berpeluang Rebound Hari Ini

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
13 March 2019 08:51
Brexit Ditolak Lagi, IHSG Berpeluang Rebound Hari Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (13/3/2019) diprediksi kembali menapak di zona hijau setelah sebelumnya melemah.

Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup terkoreksi 0,2% ke level 6.353,77. Kinerja IHSG berkebalikan dengan bursa saham utama di Asia yang justru ditransaksikan di zona hijau: indeks Hang Seng menguat 1,46%, indeks Kospo menguat 0,89%, indeks Shanghai naik 1,10% dan indeks Strait Times menguat 0,70%.

Dalam risetnya, Panin Sekuritas menyebutkan level penutupan kemarin menghampiri level support psikologis 6.350 dan mampu ditutup di atasnya.


"Indikator Stochastic sudah mencapai tepat pada area oversold [jenuh jual], sehingga secara teknikal indikator ini akan menjadi sinyal technical rebound bagi IHSG," tulis Panin Sekuritas, Rabu (13/3/2019).


Panin memperkirakan, IHSG akan bergerak pada kisaran 6.350 - 6.420.

Pilarmas Investindo Sekuritas menyampaikan, sentimen penggerak pasar hari ini akan berhembus dari Brexit. Setelah melalui proses yang sangat panjang, pada akhirnya sekali lagi kesepakatan Brexit ditolak oleh parlemen. Kondisi ini akan mendorong Inggris berada dalam krisis politik dan akan meningkatkan probabilitas bahwa proses Brexit mungkin akan ditunda.


Dari dalam negeri, Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyampaikan adanya peluang bagi neraca perdagangan pada Februari 2019 mengalami surplus.

Penurunan dari impor dinilai berdampak pada surplusnya neraca perdagangan. Penurunan impor didorong oleh mulai selesainya proyek-proyek infrastruktur.

Dari sisi ekspor, bank sentral berharap ada perbaikan karena faktor daya saing nilai tukar seharusnya dapat menolong kinerja ekspor.

"Dengan demikian, secara teknikal, IHSG bergerak variatif cenderung melemah dan diperdagangkan pada rentang harga 6.328-6.392 untuk perdagangan hari ini," tulis Pilarmas Investindo Sekuritas.

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading