FIF Terbitkan Obligasi Rp 2,36 T, Beri Bunga 8%-8,8%

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 February 2019 16:33
FIF Terbitkan Obligasi Rp 2,36 T, Beri Bunga 8%-8,8%
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan pembiayaan PT Federal International Finance (FIF) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 2,36 triliun yang akan digunakan perusahaan untuk modal kerja pembiayaan kendaraan bermotor. Obligasi ini memiiki kupon 8,00% per tahun untuk seri A dan 8,80% per tahun untuk seri B.

Berdasarkan prospektus yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), seri A memiliki jumlah efek sebesar Rp 990,85 miliar dengan tenor selama 370 hari dan seri B nilai emisi-nya Rp 1,36 triliun dengan panjang tenor 36 bulan.

Surat utang ini mendapatkan rating AAA dari lembaga pemeringkat Pefindo dan Fitch Ratings Indonesia.

Masa penawaran obligasi ini akan dilakukan pada 4-6 Maret mendatang dan akan dicatatkan di BEI pada 13 Maret nanti.


Bertindak sebagai penjamin pelaksana efek untuk instrumen ini antara lain BCA Sekuritas, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, DBS Vickers Sekuritas Indonesia, Indo Premier Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan Trimegah Sekuritas Indonesia.

Obligasi ini merupakan tahap kelima dari penawaran umum berkelanjutan III FIF dengan target penerbitan senilai Rp 15 triliun. Dari tahap pertama pada 2017 hingga tahun lalu secara total perusahaan telah menerbitkan obligasi ini senilai Rp 10,45 triliun.

Di awal tahun ini Pefindo menyebutkan telah menerima mandat pemeringkatan untuk penerbitan surat utang, baik itu obligasi dan medium term notes/MTN) untuk sektor pembiayaan nilainya mencapai Rp 9,1 triliun.

Sementara itu, sepanjang tahun ini total obligasi dan sukuk yang sudah tercatat adalah 13 emisi dari 10 emiten senilai Rp 11,44 triliun. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading