Saham BBCA, ASII dan BMRI Dilego Asing Lebih dari Rp 100 M

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
19 February 2019 17:27
Saham BBCA, ASII dan BMRI Dilego Asing Lebih dari Rp 100 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Tekanan di pasar saham Indonesia rupanya belum berakhir. Pada akhir sesi II perdagangan di Bursa Efek Indonesia, Selasa (19/2/2019), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) harus rela berakhir di zona merah.

Tiga saham berkapitalisasi besar jadi sasaran investor asing melakukan jual bersih (net sell) hingga lebih dari Rp 100 miliar. Sampai akhir perdagangan, asing tercatat melakukan net sell hingga Rp 618,67 miliar.

Tiga saham yang dilepas asing pada perdagangan hari ini, yaitu saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan nilai net sell Rp 230,87 miliar. Lalu saham PT Astra International Tbk (ASII) senilai Rp 105,36 miliar dan sahamĀ PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) senilai Rp 104,41 miliar.

Memang ada beberapa sentimen negatif yang menghantui jalannya perdagangan di kawasan Asia pada hari ini.


Salah satunya damai dagang AS-China yang masih cukup jauh untuk dicapai. Sejatinya, kedua negara mengeluarkan pernyataan positif pascamenggelar negosiasi dagang di Beijing sepanjang pekan lalu.

Namun, sejauh ini laporan-laporan yang ada mengindikasikan bahwa kedua negara masih cukup jauh dari memecahkan isu-isu seperti pencurian kekayaan intelektual dan pemberian subsidi kepada perusahaan domestik yang selama ini dilakukan oleh pihak China.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan di China pada pekan kemarin, negosiasi dagang lanjutan akan digelar di Washington pada hari ini di tingkat wakil menteri.

Kemudian pada hari Kamis dan Jumat, negosiasi tingkat menteri akan digelar, di mana Wakil Perdana Menteri China Liu He akan bertemu dengan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Sentimen dari eksternal inilah yang menjadi alasan pemodal asing mengambi untung, setelah pada perdagangan kemarin IHSG sempat menguat lebih dari 1%. (hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading