Kabar Baik dari AS Dorong Penguatan Bursa Jepang

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
12 February 2019 15:55
Kabar Baik dari AS Dorong Penguatan Bursa Jepang
Tokyo, CNBC Indonesia - Bursa saham Jepang ditutup menguat, Selasa (12/1/2019), menyusul laporan bahwa anggota parlemen Amerika Serikat (AS) pada prinsipnya telah setuju untuk menghindari penutupan pemerintah (government shutdown).

Investor juga mendapat angin segar dari pelemahan yen.

Indeks acuan Nikkei 225 melonjak 2,61% sementara indeks Topix melompat 2,16% saat perdagangan ditutup.

"Saham Tokyo terus naik setelah adanya laporan perjanjian AS yang akan menghindari penutupan pemerintah," kata Okasan Online Securities dalam sebuah catatan, mengutip AFP.


Senator AS Richard Shelby, perunding penting Partai Republik, mengatakan kepada wartawan pada Senin malam bahwa anggota parlemen dari Partai Republik dan Demokrat pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan anggaran.

Perjanjian tersebut termasuk dana US$1,4 miliar untuk pembangunan tembok di perbatasan AS-Meksiko, janji kampanye utama Presiden Donald Trump.

Okasan menambahkan bahwa investor di Jepang sebagian besar melakukan aksi beli saham di sektor eksportir akibat yen yang lemah.

Dolar diperdagangkan pada 110,56 yen di perdagangan Asia, naik dari 110,37 yen di New York pada akhir Senin dan 109,68 yen di Tokyo pada Jumat.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading