Begini Strategi Alfamart Hadapi Gempuran Toko Online

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
08 February 2019 12:32
Begini Strategi Alfamart Hadapi Gempuran Toko Online
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) menilai pergeseran pola belanja konsumen yang saat ini berorientasi online tak menjadi kendala dalam peningkatan penjualan perusahaan. Perusahaan telah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi kondisi tersebut.

Corporate Affair Director Sumber Alfaria Trijaya Solihin mengatakan pihaknya diuntungkan dengan lokasi gerai-gerai Alfamart yang dekat dengan konsumen sehingga masih menarik minat pengunjung untuk belanja di gerai ketimbang melakukan pembelian online. Terlebih lagi, produk-produk yang dijual di gerainya merupakan produk kebutuhan sehari-hari.

"Jadi pengaruh online ada tapi tidak besar untuk kategori produk yang kita jual. Tinggal bagaimana tingkatkan pelayanan dan efisiensi," kata Solihin di Jakarta, Jumat (8/2).

Selain itu, perusahaan juga aktif untuk terus meningkatkan jumlah toko yang dimilikinya. Selain terus melakukan ekspansi ke daerah yang sudah ramai, perusahaan juga mengakui tengah melakukan pengkajian untuk masuk ke daerah yang masih memilih untuk mengembangkan toko kelontong milik penduduk lokal.


Salah satu jalan yang sudah diambil perusahaan adalah dengan berpartner dengan penduduk setempat melalui bisnis waralaba. "Miinat yang ingin waralaba dia tau kalau yang sekarang kan kebutuhan pokok jadi masanya panjang sehingga minatnya bertambah. Tapi ada proses kaya survei karena tidak semua tempat disetujui, ada perijinan," jelas dia.
Remitansi
Untuk meningkatkan tingkat kunjungan pelanggan ke gerainya, perseroan menyediakan jasa remitansi dan penyediaan pembayaran mulai dari listrik hingga e-commerce. Jasa ini saat ini berkontribusi sebesar 1% dari pendapatan tahunan perusahaan.

Solihin menjelaskan pembayaran ini dilakukan mengingat perkembangannya yang diperkirakan akan terus meningkat. Selain itu, langkah ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan traffic konsumen yang datang ke gerai.

"Ini kan juga tambah traffic konsumen yang datang dan kebutuhan dan waktuya lebih leluasa. Tapi belum terlalu besar, 1% dari penjualan. Diharapkan konsumen tidak cuma bayar tagihan tapi belanja juga," kata Solihin.

Selain itu, perusahaan juga menyediakan jasa remitansi untuk pekerja dari Indonesia di luar Negeri yang mengirimkan uangnya ke kota asalnya.

Meski pendapatan dari jasa ini tak terlalu besar, namun menurut Solihin nilai transaksinya lumayan besar. Untuk menyediakan jasa ini, Alfamart saat ini bekerja sama dengan beberapa bank, salah satunya adalah Bank BNI.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading