#10YearChallenge

Ketimbang Deposito, Beli Saham Bank Mandiri Bisa Cuan 754%

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
24 January 2019 14:07
Ketimbang Deposito, Beli Saham Bank Mandiri Bisa Cuan 754%
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) tercatat sebagai salah satu bank pelat merah dengan aset terbesar. Bagi investor pasar modal, kode saham BMRI tentu sudah tak asing lagi, apalagi sahamnya termasuk salah satu yang likuid ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebagai salah satu saham yang aktif ditransaksikan, tentu pemodal ingin tahu berapa keuntungan atau cuan yang didapat kalau berinvestasi saham BMRI ini dalam kurun waktu tertentu.

Coba kita ikutkan saham Bank Mandiri dalam #10YearChallange, kira-kira berapa cuan yang kita dapat dari investasi saham ini.

Mari kita hitung, pada 23 Januari 2009 harga saham BMRI tercatat pada level Rp 875/saham. Kemarin, Rabu (23/01/2019) setelah penutupan perdagangan, harga saham BMRI ditutup pada level harga Rp 7.475/saham.


Jika dihitung dari selisih kenaikan harga saham, terjadi kenaikan sebesar 754,29%. Tentu kenaikan harga yang cukup signifikan.

Misalnya 10 tahun lalu membeli 100 lot saham BMRI, modal investasi yang ditanamkan hanya senilai Rp 8,75 juta. Jika kemarin dijual pada harga Rp 7.475/saham, maka keuntungan yang bisa dikeruk mencapai Rp 74,75 juta.

Seandainya waktu itu Anda hanya punya uang Rp 1 juta maka jumlah uang anda sekarang Rp 8,54 juta. Artinya uang anda sudah berkembang biak dalam 10 tahun ini.

Dibandingkan dengan menabung di deposito Bank Mandiri-nya sendiri, bisa dipastikan uang Anda tidak akan bertumbuh sebanyak itu. Pasalnya dalam 10 tahun terakhir rata-rata bunga deposito bank ditawarkan sekitar 6%.

Jika diakumulasi 10 tahun, artinya uang yang ditempatkan di deposito tersebut hanya tumbuh 60%. Jauh sekali dengan investasi di saham BMRI. (tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading