Harga Saham Rekor, Market Cap BCA Terbesar Nomor 22 di Dunia

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
23 January 2019 - 11:30
Harga Saham Rekor, Market Cap BCA Terbesar Nomor 22 di Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Kenaikan harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) membawa berkah bagi bank swasta terbesar nasional tersebut.  

Kenaikan harga sahamnya turut mengerek kapitalisasi pasar perusahaan yang dipimpin Jahja Setiaatmadja tersebut hingga lompat ke nomor 22 tertinggi dunia, tiga level di atas posisi September tahun lalu yaitu posisi 25. 

Karena kenaikan posisinya dari September tahun lalu, saat ini kapitalisasi pasar emiten milik Group Djarum itu sudah melampaui bank asal Belanda yaitu ING Group NV dan bank asal Jepang Mizuho Financial Group Inc.  


Mizuho sempat menjadi bank beraset terbesar dunia sejak tiga bank pendirinya yaitu Dai-Ichi Kangyo Bank, Fuji Bank, dan the Industrial Bank of Japan dimerger pada 2002, hingga turun tahta pada 2005. 

Saat ini, sama seperti September lalu, posisi BCA masih di atas Barclays PLC, Credit Agricole SA, Credit Suisse Group AG, Oversea-Chinese Banking Corporation Ltd (OCBC), dan Societe Generale SA.  

Bank lain yang kapitalisasi pasarnya masih kalah dibanding BBCA adalah UniCredit SpA, United Overseas Bank Ltd (UOB), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), Standard Chartered PLC, dan Malayan Banking Bhd (Maybank).  

Selanjutnya adalah Deutsche Bank AG, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), Natixis SA, Siam Commercial Bank PCL, dan CIMB Group Holdings Bhd. 

Di antara kompetitor se-Asean, posisi BCA masih berada di puncak klasemen dari sisi kapitalisasi pasar meskipun aset tercatatnya paling mini yaitu Rp 750 triliun.  

Di jajaran bank-bank Asia, dengan posisi BCA yang baru melompati Mizuho, maka posisinya naik ke posisi 10 dari sebelumnya di posisi 11.              


TIM RISET CNBC INDONESIA
(irv/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading