Inflasi Terendah, Yen Terkapar Lawan Dolar AS

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
18 January 2019 10:28
Inflasi Terendah, Yen Terkapar Lawan Dolar AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Mata uang yen Jepang tak berdaya melawan dolar AS pada perdagangan Jumat (18/1/2019) hari ini.

Melansir kuotasi pasar spot dari MetaTrader 4 yang merupakan penyedia platform transaksi forex terkemuka dunia, yen kini diperdagangkan di level 109,31/dolar AS. Posisi ini lebih lemah dibandingkan posisi penutupan kemarin (16/1/2019) yang berada di level 108,939/dolar AS.

Inflasi Terendah Sejak 2017, Yen Tak Berdaya Lawan Dolar ASFoto: USDJPY M30 (MetaTrader 4)

Yen dipukul mundur seiring dengan begitu lemahnya angka inflasi Jepang. Pada hari ini, inflasi periode Desember 2018 diumumkan sebesar 0,3% YoY, jauh melambat dari capaian November yang sebesar 0,8% YoY, seperti dilansir dari Trading Economics. Laju inflasi Desember juga merupakan yang terlambat sejak Oktober 2017.


Inflasi yang begitu lemah menunjukkan bahwa perekonomian Jepang sedang menghadapi tekanan yang begitu besar. Lantas, pelaku pasar berekspektasi bahwa Bank of Japan (BoJ) selaku bank sentral Jepang masih akan menerapkan kebijakan moneter yang longgar.

Konsensus yang dihimpun oleh Trading Economics memperkirakan tingkat suku bunga acuan akan ditahan di level -0,1% pada saat diumumkan tanggal 23 Januari mendatang.

Kini, perhatian pelaku pasar tertuju kepada rilis pembacaan final atas data pertumbuhan produksi industri Jepang periode November 2018. Mengutip Trading Economics, konsensus untuk data ini adalah sebesar 1,4% YoY.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ank/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading