Ini Alasan Mandiri Kepengen Akuisisi Bank Ritel

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 January 2019 11:38
Ini Alasan Mandiri Kepengen Akuisisi Bank Ritel
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) memasukkan rencana akuisisi bank dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun ini. Bank yang akan diakuisisi adalah bank yang bergerak dalam segmen ritel guna memperkuat segmen konsumer Bank Mandiri Grup.

Manajemen Bank Mandiri mengincar bank ritel yang memiliki ukuran cukup besar untuk memberikan nilai tambah bagi return on invesment (ROI) Mandiri. Memiliki distribusi yang cukup baik dan costumer based yang berbeda dengan Bank Mandiri.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Kartika Wirjoadmojo mengatakan Bank Mandiri mengincar bank ritel untuk memperbesar penyaluran kredit ke segmen kredit konsumer.


Kartika bercerita selama tiga tahun terakhir Bank Mandiri memang menggenjot bisnis konsumer. Sebelumnya, Bank Mandiri fokus di kredit korporasi dan kredit UKM serta menengah. Kredit UKM dan menengah mengalami goncangan dan berpotensi meningkatkan NPL ketika harga komoditas melemah.

"Konsumen di konsumer itu beragam kan ada KPR, kepemilikan kendaraan, credit card dan kredit multiguna, ini engine ini Bank Mandiri memang belum lama punyanya karena kita memang tidak terlalu lama fokus di consumer credit, baru sekitar 3 tahun ini," ujar Kartika dalam acara Closing Bell yang dipandu Hera F Haryn, Rabu (16/1/2019).

Untuk menggenjot sektor konsumer Bank Mandiri mencari platform untuk bisa meningkatkan bisnis tersebut. "Kita memang menjaga segmen menengah dan UKM kita yang produktif di kisaran 25-30%. Kita isi 30% dari consumer dan 40% dari korporasi," jelas Kartika.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading