Menebak Bank Ritel yang Ingin Diakuisisi Bank Mandiri

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 January 2019 11:14
Menebak Bank Ritel yang Ingin Diakuisisi Bank Mandiri
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) Kartika Wirjoadmojo buka-bukaan soal rencana akuisisi bank ritel. Bank Mandiri ingin mengakuisisi bank yang memberikan nilai tambah bagi Bank Mandiri Group.

Kartika mengatakan bank ritel yang diakuisisi harus bisa meningkatkan skala bisnis kredit konsumer Bank Mandiri. Dalam tiga tahun terakhir Bank Mandiri sedang meningkatkan penetrasinya di sektor konsumer yang memiliki yield yang lebih baik.

"jadi capital kita itu, CAR-nya di 21% dan kita melihat dengan pertumbuhan saat ini low double digit, 12-13% memang penumpukan modal kita itu terus meningkat sehingga kita melihat leverage kita ini harus diisi dengan anorganik growth kalau hanya organik growth memang akan punya ekses capital yang tidak akan bisa kita capitalize," ujarnya dalam acara Closing Bell CNBC Indonesia TV yang dipandu Hera F Haryn, Rabu (16/1/2019).


Kartika menambahkan bank yang akan diakuisisi harus memiliki ukuran yang sesuai. Sebab jika terlalu kecil tidak memberikan nilai tambah pada Bank Mandiri Grup.

"Harus punya distribusi yang cukup baik dan costumer based yang berbeda dengan kita dan harapannya memang bisa menjadi platform kita untuk bisa growth consumer finance," tambah Kartika.

Kartika menjelaskan ada beberapa bank yang cukup menarik di pasar dan sesuai dengan target Bank Mandiri. Namun harus mempertimbangkan harga dari bank tersebut.

"Jadi ekses capital kita itu kisarannya 2-4%, itu kalau kita konversi sekitar Rp 35 triliun. Di Indonesia, dalam transaksi beberapa tahun terakhir kalau foreign (asing) yang beli itu pricingnya bisa tinggi 2,5-3 kali. Jadi kita melihat bila nanti lakukan transaksi nantinya memberikan value addition ROI buat kita, value kita meningkat dan juga yang paling penting kita melihat bisnis yang saling melengkapi," jelas Kartika.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading