Tambal Ekuitas, Saham AirAsia Indonesia Melesat 14%

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
04 January 2019 09:43
Tambal Ekuitas, Saham AirAsia Indonesia Melesat 14%
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) pada perdagangan pagi ini melesat lebih dari 14%. Upaya induk usaha perseroan menyuntikkan ekuitas dengan perpetual bond rupanya direspons pasar.

Harga saham CMPP tercatat naik 14,39% ke level Rp 302/saham. Volume perdagangan saham mencapai 4,66 juta senilai Rp 1,63 miliar.

Kemarin AirAsia Indonesia melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia mengumumkan akan menerbitkan surat utang berbentuk sekuritas perpetual bond dengan nilai sebesar US$ 80 juta atau setara dengan Rp 1,17 triliun untuk menambal kondisi ekuitas perseroan yang negatif.



Menurut keterbukaan informasi yang dirilis perusahaan di BEI, surat utang ini diserap orang induk usahanya AirAsia Berhad (AAB). Hal ini sudah disetujui melalui perjanjian perpetual sekuritas berbayar (conditional perpetual capital security purchase agreement).

Adapun nilai utang yang diterbitkan nilainya mencapai 50% dari total ekuitas perusahaan di akhir kuartla ketiga lalu. Berdasarkan lapoan keuangannya, di akhir September perusahaan mengalami defisiensi modal alias ekuitas minus dengan nilai mencapai Rp 598,23 miliar.

Dana dari penerbitan ini akan digunakan perusahaan untuk memperbaiki kondisi ekuitasnya saat ini menjadi positif, membayarkan tagihan yang jatuh tempo dan tertagih dari sejumlah vendor seperti Pertamina dan Angkasa Pura II.

[Gambas:Video CNBC] (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading