UI Membedah Persepsi KUR dan Kupedes BRI, Ini Hasilnya

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
27 December 2018 16:05
UI Membedah Persepsi KUR dan Kupedes BRI, Ini Hasilnya
Jakarta, CNBC Indonesia - Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menilai kredit usaha rakyat dan Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) yang diterima berperan dalam peningkatan kesejahteraan.

Hal tersebut merupakan hasil riset social finance dan sustainable finance tentang creating shared value (CSV) terhadap KUR dan Kupedes BRI. Riset ini dilakukan oleh Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia.

Rofikoh Rokhim, Ketua Tim Peneliti, mengatakan ini merupakan riset creating shared value (CSV) atau penciptaan nilai bersama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.


"Konsep CSV merupakan suatu kerangka dimana suatu entitas bisnis dapat menciptakan nilai ekonomis dan pada saat bersamaan dapat menciptakan nilai dengan menjawab permasalahan dan tantangan yang ada di masyarakat," jelasnya, Kamis (27/12/2018).

Lebih lanjut, tuturnya, CSV memiliki 3 level yakni meninjau produk dan pasar (Level 1), meredefinisi produktivitas pada rantai nilai (Level 2), dan mendorong pengembangan kluster (Level 3).

"Survey dilakukan kepada 80.090 nasabah KUR dan 95.195 nasabah Kupedes melalui kuesioner yang diisi secara online pada periode 17-20 Desember 2018," jelasnya.

Hasil survey menunjukkan bahwa bahwa rata-rata skor persepsi nasabah KUR mencapai angka 4,53 dan Kupedes sebesar 4,34 dari nilai maksimal sebesar 5 untuk persepsi CSV Level 1.

"Angka ini menunjukkan nasabah menganggap penyaluran KUR dan Kupedes BRI memiliki peran penting dalam membantu nasabah untuk menciptakan shared value (Nilai bersama untuk peningkatan kesejahteraan) dari proses redefinisi produk dan pasar," tutur Rofikoh.

Sementara itu untuk CSV Level 2 yaitu penciptaan shared value dari proses redefinisi value chain, rata-rata skor persepsi nasabah KUR adalah 4,37 dan nasabah Kupedes adalah 4,21 dari nilai maksimal 5.

"Skor ini memperlihatkan bahwa nasabah memiliki persepsi bahwa penyaluran KUR dan Kupedes BRI memiliki peran penting dalam membantu nasabah untuk menciptakan shared value dari proses perbaikan produktivitasnya," tuturnya.
UI Membedah Persepsi KUR dan Kupedes BRI, Ini HasilnyaFoto: Ketua tim peneliti Rofikoh Rokhim

Adapun untuk CSV level 3 yakni penciptaan shared value dari pengembangan kluster usaha, KUR mendapatkan 4,34 dan Kupedes 4,17. "Hal ini berarti bahwa nasabah menganggap penyaluran KUR dan Kupedes oleh BRI penting dalam upaya mereka menciptakan shared value melalui pengembangan kluster usaha," ujarnya.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading