Seperti Ini Nestapa Ekonomi RI Versi Prabowo-Sandiaga

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 December 2018 - 10:45
Jakarta, CNBC Indonesia - Kritik keras kembali dilontarkan Tim Ahli Ekonomi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga kepada kinerja pemerintahan terkait perkembangan ekonomi terkini.

Kondisi perekonomian saat ini, diibaratkan seperti nestapa karena pemerintah dianggap tidak pernah memiliki suatu bauran kebijakan yang benar-benar bisa menyelesaikan masalah.

Defisit neraca perdagangan misalnya. Kewajiban penggunaan B20 untuk menekan impor migas yang selama ini menjadi biang kerok defisit neraca perdagangan, dianggap belum optimal.


Seperti Ini Nestapa Ekonomi RI Versi Prabowo-SandiagaFoto: Mantan Menteri Keuangan era Soeharto Fuad Bawazier dalam sebuah diskusi di Jakarta (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)


Dari sisi fiskal, realisasi pendapatan negara yang diperkirakan tembus target 100% pun disebut bukan murni karena kinerja pemerintah, melainkan terbantu karena harga komoditas.

Penguatan rupiah yang terjadi dalam satu bulan terakhir, juga diklaim hanya bersifat sementara. Pasalnya, secara fundamental ekonomi Indonesia juga belum sepenuhnya membaik.

Berikut berbagai kritik yang disampaikan Tim Ahli Ekonomi (BPN) Prabowo - Sandiaga, Fuad Bawazier, yang juga merupakan mantan Menteri Keuangan era Soeharto.

NEXT >> Obat Neraca Dagang yang Tak Ampuh







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading