Lembong Beberkan 3 Alasan Ekonomi RI Membaik di 2019

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 December 2018 20:54
Lembong Beberkan 3 Alasan Ekonomi RI Membaik di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong, optimistis ekonomi Indonesia 2018 akan lebih baik ketimbang 2019. Ada tiga alasan utamanya.

"Ini 3 highlights alasan utama kenapa saya mau prediksi tahun depan lebih baik daripada tahun ini," ungkap Thomas Lembong.

Ia memaparkan, tiga alasannya dalam acara Mandiri Market Outlook bertema "Indonesia's Market Potential and Global Economic Growth 2019" di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (5/12/2018).


"Sektor apa yang memotori pertumbuhan ekonomi 2019 ke depannya. Ada beberapa hal, pertama sejak 2017 yang namanya investasi benar-benar sudah menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi."
Lembong Beberkan 3 Alasan Ekonomi RI Membaik di 2019Foto: Kepala BKPM Thomas Lembong (CNBC Indonesia/Bernhart Farras)

"Jadi sebelum 2017 pertumbuhan ekonomi kisaran 5%, investasi di kisaran 4%. Jadi terus terang di bawah rata-rata konsumsi belanja pemerintah dan net export 2017," imbuh Thom Lembong.

Ke depan, investasi diharapkan bisa lebih baik sehingga pertumbuhan ekonomi bisa terdongkrak. Sementara alasan kedua ekonomi akan lebih baik karena e-commerce dan ekonomi digital.

"E-commerce dan ekonomi digital menyumbang 12-17% dari total FDI [Foregin Direct Investment/Investasi Asing Langsung] per tahun," jelasnya.

Adapun yang ketiga adalah pariwisata. Pertumbuhan pariwisata Indonesia menurut Thom Lembong sangat luar biasa.

"Dari data regional, nasional, baru keluarkan laporan triwulan wisata dan transportasi. Adapun kunjungan (turis) nasional 11-12% per tahun (pertumbuhannya). Jadi saat ekonomi tumbuh 5%, kunjungan pariwisata tumbuh lebih dari 2%," ungkap Thom Lembong.

"Jadi sebagai motor lapangan kerja, pariwisata juga memainkan peranan yang besar," tutur Mantan Menteri Perdagangan ini.


(dru/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading