Nantikan Hasil Pertemuan G20, Bursa Eropa Melemah

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
01 December 2018 07:03
Nantikan Hasil Pertemuan G20, Bursa Eropa Melemah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa utama Eropa ditutup melemah pada perdagangan hari Jumat (30/11/2018) saat para pemimpin penting dunia berkumpul di Argentina untuk menghadiri pertemuan G20.

Indeks FTSE 100 di London turun 0,83% ke 6.980,24, indeks DAX di Frankfurt terkoreksi 0,36% menjadi 11.257,24, dan indeks CAC 40 di Paris melemah tipis 0,05% ke 5.003,92.



Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup melemah 0,25% dan mencatatkan penurunan 0,92% sepanjang pekan lalu, CNBC International melaporkan.


Sektor otomotif dan sumber daya alam mencatatkan pelemahan paling dalam hari Jumat karena para investor memusatkan perhatiannya pada pembicaraan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China di G20 hari Sabtu waktu setempat.

Jelang pertemuan penting itu, Presiden AS Donald Trump menyampaikan pesan yang ambigu bagi pasar terkait hubungan perdagangan negaranya dengan China. Ia mengatakan kepada wartawan hari Kamis bahwa AS hampir melakukan sesuatu dengan China namun ia tidak yakin apakah dirinya benar-benar ingin melakukan hal itu.

Para pelaku pasar Eropa juga memperhatikan perkembangan polemik anggaran Italia. Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan kepada surat kabar Italia bahwa ia sedang mengerjakan usulan untuk menurunkan target defisit di anggaran 2019.



Selain itu, perkembangan Brexit juga dicermati investor. Jelang menghadiri pertemuan G20, Perdana Menteri Inggris Theresa May menegaskan dirinya akan fokus memenangkan dukungan parlemen terhadap rancangan perjanjian Brexit yang ia ajukan dibandingkan menyiapkan rencana cadangan bila rencana itu ditolak.

Perjanjian Brexit yang ia ajukan telah mendapatkan persetujuan Uni Eropa pekan lalu dan tinggak menanti lampu hijau dari parlemen Inggris 11 Desember mendatang. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading