Saham Teknologi Rebound, Wall Street Melesat Naik

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
27 November 2018 06:29
Saham Teknologi Rebound, Wall Street Melesat Naik
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks-indeks utama Wall Street melonjak pada perdagangan hari Senin (26/11/2018) setelah beberapa saham teknologi yang sebelumnya terpukul kini mampu rebound.

Dow Jones Industrial Average melompat 1,46% ke posisi 24.640,24, S&P 500 menguat 1,55% menjadi 2.673,45, dan Nasdaq Composite mantap melaju 2.06% ke 7.081,85.



Saham-saham Facebook, Amazon, Apple, Netflix, dan induk Google, Alphabet, semuanya menguat lebih dari 1%. Saham-saham tersebut anjlok lebih dari 3,6% pekan lalu.


Pergerakan indeks di hari Senin terjadi setelah Wall Street mengalami pekan Thanksgiving terburuknya sejak 2011 minggu lalu akibat aksi jual yang melanda sektor teknologi dan anjloknya harga minyak. Hari Jumat saja, harga minyak tercatat anjlok sekitar 8%, CNBC International melaporkan.

Saham Facebook anjlok pekan lalu di tengah kecaman keras mengenai cara perusahaan menangani penggunaan platform-nya oleh operasi Rusia yang mencoba memengaruhi pilpres Amerika Serikat (AS). Selain itu, Apple juga terperosok dalam pekan lalu karena investor cemas penjualan iPhone perusahaan akan melambat.

Saham Teknologi Rebound, Wall Street Melesat NaikFoto: Infografis/Saham Perusahaan Teknologi "FAANG" Anjlok/Aristya Rahadian Krisabella
Saat ini, perhatian investor tertuju pada pidato Gubernur Federal Reserve Jerome Powell hari Rabu. Selama aksi jual terjadi, para investor juga mengkhawatirkan arah kebijakan moneter di masa depan.

The Fed diperkirakan menaikkan lagi bunga acuannya Desember mendatang setelah melakukannya tiga kali tahun ini. Tahun depan, bank sentral AS ini diperkirakan menaikkan suku bunganya tiga kali.



Pasar juga menantikan pertemuan G20 di Argentina pekan ini di mana Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan bertemu membahas penyelesaian perang dagang yang selama ini menghantui pasar saham global. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading