Bunga Tinggi, WOM Finance Target Pembiayaan Tumbuh 10%

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
21 November 2018 13:25
Pertumbuhan ini dinilai moderat karena tingkat kenaikannya sama dengan target perusahaan di tahun ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) optimis pertumbuhan pembiayaan di tahun depan bisa tumbuh 8%-10% di tahun depan. Pertumbuhan ini dinilai moderat karena tingkat kenaikannya sama dengan target perusahaan di tahun ini.

Direktur Keuangan WomFinance Zacharia Susantadiredja mengatakan tahun depan pertumbuhan ini bisa dicapai dengan fokus pada produk yang sudah ada saat ini. Pertimbangannya, tahun ini perusahaan melihat kenaikan penjualan sepeda motor yang masih meningat sehingga diprediksi tahun depan pertumbuhan yang sama masih akan terjadi.

"Tahun depan prospeknya, kami melihat dengan tahun ini pertumbuhan penjualan sepeda motor 10% kami juga mengharapkan tahun depan pembiayaan bisa meningkat 8%-10%," kata Zacharia di Sentral Senayan, Jakarta, Rabu (21/11).

Dia menilai tahun depan menjadi tahun yang cukup challenging bagi industri pembiayaan lantaran tren suku bunga yang terus meningkat sementara perusahaan pembiayaan tak bisa meningkatkan bunganya karena pertimbangan persaingan bisnis.


"Bisnis finance motor khususnya saat ini main di pasar bunganya relatif tidak elastis dibanding bisnis lain. Sepeda motor masih jadi kebutuhan primer dan orang masih akan beli," jelas dia.

Tahun depan perusahaan terus meningkatkan efisiensi untuk tetap menjaga pertumbuhannya. Selain itu, perusahaan juga akan menambah jaringannya ke wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Hingga Oktober lalu, total pembiayaan yang sudah disalurkan perusahaan mencapai Rp 6 triliun, dengan target hingga akhir tahun bisa mencapai Rp 7,1 triliun.

Sementara itu, tingkat non performing financing (NPF) hingga September mencapai 2,77%, lebih rendah jika dibanding dengan NPF industri di level 3,15%.

[Gambas:Video CNBC]
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading