Crazy Rich Eka Tjipta, Tiap Bulan Tukar Dolar Rp 600 M

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
11 October 2018 15:21
Crazy Rich Eka Tjipta, Tiap Bulan Tukar Dolar Rp 600 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Demi menyelamatkan rupiah, pengusaha dan perusahaan aktif menukar dolar yang mereka miliki ke rupiah, apalagi rupiah yang sempat menembus level Rp 15.300/US$. Kali ini giliran perusahaan milik Sinarmas yang menyampaikan menukar dolar dari pendapatannya ke rupiah.

Salah satu perusahaan batu bara milik grup Sinarmas PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) mengatakan pihaknya saat ini rutin menukar hasil penjualan ekspor batu bara miliknya dari mata uang dolar Amerika Serikat (AS) ke rupiah. Golden Energy merupakan perusahaan tambang milik Grup Sinarmas, yang dimiliki oleh Eka Tjipta Widjaja.

Corporate Secretary Golden Energy Mines Sudin Sudirman mengatakan perseroan melakukan konversi hasil penjualan ekspor senilai US$ 30 juta hingga US$ 40 juta setiap bulannya. Jika dikonversikan sekitar Rp 450 miliar - Rp 600 miliar dengan nilai kurs Rp 15.200/US$.

"Jumlah persisnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Kamis (11/10/18).


Ia menambahkan, hingga saat mayoritas penjualan batu bara perseroan dari hasil ekspor.

Selain hasil penjualan, seluruh kebutuhan biaya perseroan termasuk biaya operasi dan gaji karyawan juga di konversi ke mata uang rupiah.
"Secara rutin juga menukar hasil ekspor ke rupiah karena untuk kebutuhan biaya operasi termasuk gaji karyawan," ungkapnya.

Sebagai tambahan informasi, beberapa emiten batu bara semisal PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bumi Resources Tbk (BUMI) hingga PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melakukan aksi serupa.

Untuk ADRO, transaksi penukaran ke mata uang rupiah mencapai US$ 1,7 miliar atau setara dengan Rp 25 triliun. Transaksi ini didapat dari kerja sama dengan mitra lokal seperti Pertamina, Pama, dan lainnya.

Sedangkan BUMI mengkonversi 80% pendapatannya yang mencapai US$ 5 miliar atau Rp 75 triliun ke dalam rupiah, sehingga nilainya sebesar Rp 60 triliun.

Dianjutkan dengan PTBA yang mengatakan pihaknya juga telah melakukan penukaran dolar ke dalam rupiah dari hasil ekspor yang diterimanya. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading