Melihat Lebih Jauh Rasio Utang Pemerintah yang Tembus Rekor

Market - Alfado Agustio, CNBC Indonesia
24 September 2018 - 11:52
Optimalisasi Investasi Bisa Menjadi Jalan Keluar

Optimalisasi Investasi Bisa Menjadi Jalan Keluar

Data Badan Kebijakan Penanaman Modal (BKPM) per kuartal II 2018, nilai investasi dari asing (Foreign Direct Investment/FDI) anjlok ke posisi Rp 95,7 triliun dari sebelumnya Rp 109,9 triliun di periode yang sama tahun 2017.

Penurunan ini memang disayangkan, mengingat pemerintah pusat telah berupaya mereformasi kebijakan yang ada mulai dari penyederhanaan perizinan hingga kebijakan satu pintu. Dengan kondisi di atas, artinya pemerintah pusat perlu meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah. Utamanya meyakinkan segala regulasi berjalan sesuai rencana. 

Terlebih Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki perizinan yang rumit. Dari sisi ease of doing business misalnya, di tahun 2013 Indonesia berada di posisi 120 dari 190 negara di dunia. Seiring berjalannya waktu, posisi Indonesia terus turun dan berada di angka 72 pada 2017.




Penurunan ini memang bagus, akan tetapi hal ini belum cukup. Di kawasan ASEAN sendiri, posisi Indonesia di tahun 2017 masih kalah dibandingkan dengan Singapura, Thailand, Malaysia bahkan Vietnam.



Pemerintah masih perlu meningkatkan koordinasi dan memastikan segala hal yang menghambat dapat dihilangkan. Jika hal ini dapat dilakukan, maka ketergantungan pemerintah terhadap utang khususnya dari luar negeri dalam membangun perekonomian bisa berkurang kedepannya.



TIM RISET CNBC INDONESIA


(alf/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading