Volume Distribusi Gas PGN Naik 11% di Semester I-2018

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
10 September 2018 17:04
Volume Distribusi Gas PGN Naik 11% di Semester I-2018
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Perusahaan Gas Negara/PGN (Tbk) mencatatkan peningkatan volume gas bumi yang didistribusikan kepada pelanggan sebesar 11,55% atau mencapai 835,56 BBTUD di paruh kedua tahun ini, dibandingkan realisasi di periode yang sama tahun lalu yang sebesar 749,02 BBTUD. 

Jumlah tersebut sudah termasuk dengan distribusi gas bumi dari anak usaha perusahannya, yakni PT Gagas Energi Indonesia.


 
Sementara volume gas yang ditransportasikan melalui jaringan pipa PGN dan anak usahanya PT Kalimantan Jawa Gas total tercatat sebesar 727,4 BBTUD, naik tipis dibandingkan volume penyaluran gas semester I 2017 yang sebesar 723,9 BBTUD.
 
"Jumlah pelanggan PGN juga bertambah signifikan. Sampai akhir semester I 2018, total pengguna gas bumi kami sebanyak 203.151 pelanggan. Naik 16,96 persen dibandingkan total pelanggan di semester I 2017 sebanyak 173.681 pelanggan," kata Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama, Senin (10/9/2018).
 
Pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua.
 
Lebih lanjut, Rachmat mengatakan, PGN akan tetap agresif membangun infrastruktur gas bumi untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional. Selama semester I 2018, PGN mampu menyelesaikan pembangunan pipa sepanjang lebih dari 87 km, sehingga panjang pipa yang dioperasikan PGN berjumlah 7.481 km.


Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah meningkatkan perekonomian nasional, PGN optimistis kinerja perusahaan juga akan semakin baik. Meskipun kondisi perekonomian mengalami perlambatan, PGN tetap mengembangkan infrastruktur gas bumi untuk memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat.
 
Selain itu, selama paruh pertama tahun ini, PGN juga berhasil menyelesaikan sejumlah proyek dengan tepat waktu seperti penyaluran gas pembangkit listrik Muara Karang, pengembangan jaringan pipa distribusi ke wilayah Karawang, dan pemasangan infrastruktur gas customer attachment di seluruh wilayah kerjanya, serta menyelesaikan pembangunan jaringan pipa distribusi Duri-Dumai.
 
Perusahaan pun tengah meneruskan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur. Diantaranya jaringan pipa transmisi Dumai, mengembangkan jaringan pipa distribusi ke wilayah Banten, serta pemasangan infrastruktur gas ke rumah tangga di area Jakarta, Bogor, Bekasi, Palembang, Tangerang, dan Pasuruan. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading