'Ekonomi RI Kuat, Ini Beda dengan Argentina atau Turki'

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
31 August 2018 15:12
'Ekonomi RI Kuat, Ini Beda dengan Argentina atau Turki'
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketahanan ekonomi Indonesia cukup kuat. Tidak ada tanda-tanda atau satupun indikator yang menggambarkan bahwa kondisi nilai tukar rupiah bakal bernasib seperti Lira Turki maupun Peso Argentina.

Hal ini ditegaskan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat berbincang dengan awak media di kompleks bank sentral, Jumat (31/8/2018). BI meyakini, Indonesia bisa melewati tantangan global tahun ini.

"Kami waspadai dampak dari Argentina dan Turki. Ketahanan ekonomi kita kuat, dan kami komitmen bersama bersinergi antara pemerintah, BI, OJK agar kebijakan tetap prudent," tegas Perry.


Berbagai indikator perekonomian domestik, lanjut Perry, masih cukup baik di tengah dinamika ketidakpastian ekonomi global. Ekonomi Indonesia masih tumbuh cukup positif, laju inflasi pun relatif terjaga.

Selain itu, arah kebijakan yang diambil pemerintah maupun bank sentral pun diklaim lebih baik dari negara-negara lain, khususnya Argentina dan Turki. Hal ini, menjadi optimisme tersendiri bagi investor asing.

"Apa yang membedakan Indonesia dengan negara lain? Prudent-nya kebijakan Indonesia, apakah moneter, fiskal, atau kebijakan di sistem keuangan yang prudent," katanya.

'Ekonomi RI Kuat, Semoga Tak Seperti Argentina atau Turki'Foto: CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara


"Komitmen pemerintah kuat untuk segera turunkan CAD. Kami terus lakukan langkah stabilisasi dengan terus mewaspadai risiko ke depan. Kalau kita menghadapi ketidakpastian, kami tempuh pre emptive," tegas Perry.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading