Bikin Motor Listrik, WIKA Kejar Produksi 50 Ribu Unit

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
27 August 2018 17:32
Bikin Motor Listrik, WIKA Kejar Produksi 50 Ribu Unit
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menargetkan bisa produksi sekitar 50.000 mobil listrik hingga akhir tahun ini. Produksi motor listrik bernama GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) akan dilakukan salah satu anak usahanya yaitu PT WIKA Industri & Konstruksi (WIK).

Direktur Utama Wijaya Karya Tumiyana menargetkan untuk tahun depan motor listrik tersebut mampu diproduksi menjadi 100 ribu unit dengan pengembangan bangunan lokasi pabrik pembuatan motor listrik tersebut.

"Bulan Oktober ini diperkirakan launching, jadi ini sepeda motor 96% merupakan konten lokal dan sisanya merupakan 4% adalah produk impor," ujarnya ungkapnya dalam public expose dalam acara Investor Summit 2018, di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (27/8/18).


Untuk saat ini, pabrik milik anak usahanya tersebut memiliki luas bangunan sebesar 2.400 meter persegi dengan fasilitas penerimaan komponen, perakitan kendaraan dan pengujian akhir.

Sedangkan hasil produksi ditampung dalam gudang penyimpanan sementara seluas 1,400 meter persegi.

"Kami rencanakan Oktober tahun ini launching. Sistemnya perjanjian kerjasama Joint Venture (JV) ya, semuanya dari lokal pokoknya," tambahnya.

GESITS merupakan sepeda motor listrik buatan lokal yang pertama kali dibuat di dalam negeri dan dikembangkan oleh kelompok mahasiswa Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS).

Motor listrik ini diperkirakan mampu menempuh jarak 80-100 kilometer per jam dengan waktu maksimal 3 jam untuk megisi penuh daya ulang baterai.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading