Ini Rincian Pembiayaan Utang Pemerintah di 2019

Market - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
20 August 2018 - 07:05
Surat Berharga Negara (SBN)

Surat Berharga Negara (SBN)

Upaya pemenuhan target pembiayaan utang melalui penerbitan SBN akan dilakukan Pemerintah dengan memprioritaskan instrumen SBN dalam mata uang rupiah. Penerbitan SBN di pasar domestik akan dilakukan dengan memanfaatkan instrumen Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Dari sisi tenor, SBN yang akan diterbitkan berupa Obligasi Negara (ON) dan Sukuk Negara (SN) dengan tenor di atas satu tahun dan Surat Perbendaharaan Negara (SPN) maupun Surat Perbendaharaan Negara Syariah (SPNS) dengan tenor sampai dengan 12 bulan.

Pada tahun 2019, Pemerintah akan melanjutkan inovasi penjualan SBN ritel secara online yang telah dimulai melalui penerbitan SBR003 pada tahun 2018.


Dalam RAPBN tahun 2019, nilai penerbitan sukuk pembiayaan proyek direncanakan Rp 28,4 triliun.

Penerbitan itu meliputi pembiayaan proyek pada Kementerian Perhubungan sebesar Rp 7,99 triliun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rp 16,8 triliun, Kementerian Agama Rp 2,7 triliun, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rp 106,2 miliar.

Selain itu, penerbitan untuk Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi direncanakan Rp 498,1 miliar, Badan Standardisasi Nasional (BSN) Rp 50 miliar, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rp 240 miliar. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading