Newsletter

Cermati Perundingan AS-China dan 'Telenovela' Venezuela

Market - Hidayat Setiaji & Anthony Kevin & Raditya Hanung, CNBC Indonesia
20 August 2018 05:38
Pasar keuangan Indonesia terkoreksi habis-habisan pada perdagangan pekan lalu. Bagaimana dengan perdagangan hari ini?
Untuk perdagangan hari ini, investor perlu menyimak sejumlah sentimen. Pertama tentunya dari Wall Street, yang pada akhir pekan lalu berakhir hijau. Hal ini bisa menjadi pelecut semangat bursa saham Asia untuk menorehkan pencapaian serupa. 

Sentimen kedua adalah angin segar jelang pertemuan AS-China di Washington. Menurut laporan Wall Street Journal, pertemuan tersebut rencananya dihelat pada 21-22 Agustus. 

"Bagus jika mereka mengirim delegasi ke sini. Kami berdua sudah agak lama tidak melakukan itu," ujar Lawrence 'Larry' Kudlow, Penasihat Ekonomi Gedung Putih, dikutip dari Reuters. 


Namun, pelaku pasar juga perlu mencermati bahwa ada potensi pertemuan ini minim hasil signifikan. Pasalnya, pejabat-pejabat China yang datang bukanlah setingkat menteri melainkan 'hanya' Wakil Menteri. Sedangkan di pihak Washington, yang menyambut juga dari Kementerian Keuangan, bukan Perwakilan Dagang. 

Oleh karena itu, investor perlu terus memonitor perkembangan rencana pertemuan ini. sebab, perang dagang AS vs China adalah sebuah isu besar yang sangat bisa mempengaruhi pergerakan pasar.  

Cermati Sentimen Penggerak Pasar Hari Ini (2)
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading