Pertama Kalinya Sejak 2010, Investasi Asing di Q2 Jeblok

Market - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
14 August 2018 17:02
Pertama Kalinya Sejak 2010, Investasi Asing di Q2 Jeblok
Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk pertama kalinya, realisasi investasi asing pada kuartal II-2018 mengalami penurunan secara kuartalan.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tren investasi pada kuartal II kerap mengalami peningkatan dibanding kuartal I

"Realiasi investasi kuartal II-2018 US$ 7,1 miliar atau turun dibanding kuartal I-2018 sekitar US$ 8,1 miliar," kata Deputi Bidang Pengendalian dan Pelaksaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis di Kantor BKPM, Selasa (14/8/2018).


"Iya, pertama kali (turun). Baru sekarang turun Penanaman Modal Asing (PMA), jadi tidak pernah turun, baru sekarang turunnya," tambah Azhar.
Untuk Pertama Kalinya Sejak 2010, Investasi Asing Jeblok!Foto: bkpm


Melihat data sejak 2010 hingga saat ini, secara year-on-year pun investasi asing memang kerap meningkat pada kuartal II. Penurunan hanya pernah terjadi pada kuartal II-2015 ke kuartal II-2016.

"Angka kami klop dengan Bank Indonesia yang menunjukkan semester I-2018 memang terjadi penurunan cukup drastis di net capital inflow," kata Kepala BKPM Thomas Trikasi Lembong.

"Jadi memang terdiri dari dua bagian, gross inflow menurun, juga terjadi capital uutflow terutama dari pasar modal," lanjutnya.
Untuk Pertama Kalinya Sejak 2010, Investasi Asing Jeblok!Foto: bkpm

Dia menjelaskan perlambatan investasi asing terpengaruh oleh penciutan gross inflow dari BI. Thomas pun tak menampik bahwa gejolak atas nilai tukar rupiah jadi biang kerok perlambatan investasi asing.

Secara kuartalan, pada kuartal II-2018 dia sebut ada banyak sekali proyek yang tertunda. Namun bukan batal, karena investor memilih wait and see di tengah gejolak rupiah.

"Tapi saya cukup percaya diri bahwa ini penundaan, tidak ada kebatalan. Hanya menunda," tutur Thomas.
(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading