MNC Land Berencana Tambah Modal dan Stock Split 1:5

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
06 August 2018 17:13
MNC Land Berencana Tambah Modal dan Stock Split 1:5
Jakarta, CNBC Indonesia - PT MNC Land Tbk (KPIG) berencana untuk melakukan peningkatan modal dasar perseroan dari semula 14 miliar saham senilai Rp 7 triliun rupiah menjadi 59 miliar lembar saham menjadi Rp 29,5 triliun.

Perseroan juga berencana untuk melakukan pemecahan nominal lembar saham (stock split) dengan rasio 1:5. Sehingga, nilai nominal saham perseroan turun dari semula Rp 500/saham menjadi Rp 100/saham.

Jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor paska stock split tersebut juga meningkat dari semula sejumlah 14,81 miliar saham menjadi 74,07 miliar saham.


Menurut perseroan, peningkatan modal serta diiringi dengan pemecahan nilai saham tersebut dalam rangka untuk membuat likuiditas perseroan menjadi lebih baik dan menunjang saham yang beredar dengan jumlah saham yang lebih banyak.

"Jadi kami hari ini melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tujuannya itu modal disetornya naik kemudian stock split supaya harga sahamnya terjangkau di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan semoga likuditasnya bagus," ujar Hary Tanoesoedibjo Direktur Utama Perseroan di Main Hall I-New Center, Senin (6/8/18).

Nantinya, dana dari nilai modal saham perseroan yang ditingkatkan tersebut berasal dari pembagian saham bonus yang berasal dari agio saham perseroan dengan rasio 1:1.

Sehingga, jumlah modal yang yang ditempatkan dan disetor penuh meningkat dari semula 7,4 miliar saham menjadi 14,81 miliar saham dengan masing-masing memiliki nilai nominal Rp 500/saham.

"Jadi tidak ada penyerapan, misalnya kan kami kan terbitin saham dijual ada selisihnya kami terbitkan Rp 500/saham lalu kami jual Rp 700/saham. Nah yang selisih sekitar Rp 200 ini kami jadikan agio dan menjadi modal jadi tidak ada penyertaan modal dari induk," ungkap Erwin R Andersen, Direktur Keuangan Perseroan dalam kesempatan yang sama.

Nantinya, peningkatan modal serta stock split perseroan akan dilakukan dalam waktu dekat dengan jangka waktu maksimal selama tiga bulan kedepan.

Sedangkan seluruh keputusan rencana tersebut telah disetujui oleh para pemegang saham melalui RUPSLB yang digelar pada sore hari ini.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading