Internasional

Belanja Konsumsi Kembali Turun, Ekonomi China Kontraksi?

Market - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
02 August 2018 13:36
Belanja Konsumsi Kembali Turun, Ekonomi China Kontraksi?
Beijing, CNBC Indonesia - Melambatnya pertumbuhan pendapatan dan penjualan rumah mengurangi pertumbuhan belanja konsumen di China meski konsumsi diprediksi naik kembali saat berbagai faktor musiman berkurang, kata seorang pejabat dari lembaga perencanaan negara pada hari Kamis (2/8/2018) seperti dilansir dari Reuters.

Anjloknya pertumbuhan penjualan rumah di semester I-2018 menjadi 3,3% dari 16,1% telah mengurangi belanja barang-barang terkait rumah seperti mebel, kata Liu Yunan selaku Deputi Kepala Departemen di Komisi Reformasi dan Pengembangan Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) kepada para jurnalis dalam konferensi pers.

Lesunya pertumbuhan konsumsi tahun ini telah meningkatkan sejumlah keraguan terhadap upaya China untuk kembali menyeimbangkan perekonomiannya menjadi konsumsi domestik ketimbang investasi berbasis pinjaman.


Konsumsi per kapita penduduk perkotaan naik 4,7% di semester pertama, tetapi masih lebih rendah dari 5,1% di tahun sebelumnya dan dari 5,8% pertumbuhan ekonomi keseluruhan. Sementara itu, konsumsi per kapita yang sudah termasuk penduduk perkotaan naik 6,7% di semester pertama.

"Sebagai tambahan, melambatnya pertumbuhan pendapatan rumah tangga kemungkinan juga telah mengganggu daya konsumsi dan ekspektasi penduduk... Pendapat awal kami adalah dampak pendukung dari pendapatan terhadap konsumsi juga melemah," kata Liu.

Liu menambahkan dia memprediksi pertumbuhan belanja konsumen kembali naik seraya faktor satu kali dan musiman berkurang.

Dia mengatakan pertumbuhan penjualan ritel sebagian besar terseret oleh penundaan pembelian otomotif guna mengantisipasi pemotongan pajak dan masa liburan di bulan Juni, tetapi konsumsi seharusnya mengalami "beberapa tingkat kenaikan kembali".

Liu mengatakan data penjualan ritel resmi tidak sepenuhnya menangkap keseluruhan belanja jasa konsumen, dan dia yakin pertumbuhan konsumsi China masih "masuk akal".

"Secara keseluruhan menurut saya konsumsi rumah tangga negara akan masih mempertahankan pertumbuhan yang stabil," pungkasnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading