Bea Impor Mobil Akan Dihapus, Bursa Eropa Ditutup Menguat

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
06 July 2018 06:37
Bea Impor Mobil Akan Dihapus, Bursa Eropa Ditutup Menguat
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa utama Eropa ditutup menguat pada perdagangan hari Kamis (5/7/2018) karena harapan akan melunaknya retorika dagang Amerika Serikat (AS) mendorong naik saham-saham terkait otomotif.

Indeks FTSE 100 di London menguat 0,4% menjadi 7.603,22, indeks DAX di Frankfurt melonjak 1,19% ke posisi 12.464,26, sementara indeks CAC 40 di Paris melompat 0,86% dan ditutup di 5.366,32.


Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup naik 0,4%. Seluruh bursa utama berada di zona positif.


Sektor otomotif memimpin penguatan dengan catatan kenaikan sebesar 3,4% di tengah kabar berbagai pabrikan mobil Jerman sekarang siap untuk mendukung penghapusan tarif Uni Eropa (UE) untuk mobil yang diimpor dari AS. Duta besar AS untuk Jerman dilaporkan berbicara kepada petinggi otomotif Jerman bahwa Presiden Donald Trump akan menunda ancaman pengenaan tarif terhadap mobil impor dari UE bila blok itu menghapus bea impor kendaraan AS.

Kabar itu muncul setelah presiden AS itu mengatakan pada bulan lalu ia ingin mengenakan tarif 20% terhadap impor mobil yang dirakit di Eropa. Saham Daimler, BMW, dan Volkswagen semuanya ditutup menguat sekitar 4% hari Kamis, CNBC International melaporkan.

Sementara itu, sektor-sektor sumber daya alam, produk kimia, dan teknologi menjadi sektor yang ditutup naik lebih dari 1% pada penutupan perdagangan. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading