Terungkap, Ini Cara Tokopedia Punya Saham Net TV

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
04 July 2018 17:34
Terungkap, Ini Cara Tokopedia Punya Saham Net TV
Jakarta, CNBC Indonesia - Tokopedia akan menjadi salah satu pemegang saham PT Net Visi Media (Net TV) setelah perseroan menyatakan akan melakukan pelepasan saham perdana (initial public offering/IPO).

Associate Director of Investement Banking NH Korindo Sekuritas Rama Gautama menjelaskan, Net TV akan melaksanakan IPO dengan melepas 25% saham ke publik. Target dana yang terhimpun dari pelaksanaan IPO tersebut mencapai Rp 1 triliun.

Namun tidak semua dana yang himpun tersebut dalam bentuk dana tunai, tapi sebagian besar dari konversi obligasi menjadi saham. "Jadi total proceednya Rp 1 triliun, Rp 800 miliar dari MCB nah dari IPO ini Rp 200 miliar tapi semuanya jadi kepemilikan publik (termasuk MCB)," kata Rama usai mini expose di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/7).

Total nilai MCB tersebut nantinya akan dikonversikan setara dengan 19% kepemilikan saham Net TV. MCB merupakan obligasi jangka pendek dan biasanya memiliki imbal hasil tinggi yang wajib dikonversikan menjadi saham, biasa berdasarkan harga pasaran yang berlaku pada saat konversi.


Nah, Tokopedia merupakan salah satu pemegang mayoritas MCB yang diterbikan oleh Net TV. Jika proses ini tuntas maka Tokopedia akan menjadi salah satu pemegang saham Net TV. Saat ini pemegang saham utama Net Visi Media adalah Indika Group dengan kepemilikan sebesar 63%.

Sebelumnya, CNBC Indonesia sudah mendapatkan informasi perihal pembelian saham Net TV oleh Tokopedia. Namun belum ada pernyataan resmi dari para pihak pada waktu itu. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading