Demi Prestise Energi Hijau, Medco Ajukan Utang Baru

Market - Irvin Avriano, CNBC Indonesia
04 July 2018 07:16
Grup Medco yang besar dari bisnis minyak fosil bertransformasi menggarap energi bersih dengan mengembangkan blok panas bumi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Grup Medco yang besar dari bisnis minyak fosil bertransformasi menggarap energi bersih dengan mengembangkan blok panas bumi. Utang besar dari pasar obligasi pun tak ragu diajukan. 

Untuk pertama kalinya, perusahaan yang didirikan Grup Medco dan Grup Saratoga, yaitu PT Medco Power Indonesia mencatatkan surat utang konvensional dan sukuk perdananya pada hari ini, Rabu (4/7/2018).

Mengacu data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), nilai surat utang itu masing-masing Rp 600 miliar. Total, dana yang dibidik mencapai Rp 1,2 triliun.
 Perusahaan yang dikendalikan keluarga Panigoro ini berencana mengembangkan pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Riau berkapasitas 275 megawatt (MW) dan pembangkit tenaga panas bumi (PLTP) Ijen berkapasitas 110 MW.

Demi Prestise Energi Hijau, Medco Ajukan Utang BaruSumber: Reuters
Medco Power merupakan sayap bisnis listrik grup Medco yang saat ini mengelola PLTP Sarulla (Sarulla Geothermal). Pembangkit listrik independen itu digadang-gadang menjadi pembangkit listrik berbasis geothermal terbesar dunia dengan kapasitas 330 MW.


Awalnya, PT Geo Dipa Energi memenangi tender pembangunan dan pengelolaan Sarulla, tetapi anak usaha PT Pertamina itu tidak bersedia memperpanjang proposal dan mengundurkan diri serta melepas haknya setelah setahun.
 

Hal itu membuat Grup Medco sebagai penawar kedua menggenggam hak pengelolaan Sarulla, menambah portofolio mereka di energi bersih di proyek pembangkit listrik swasta (independent prower producer/ IPP) berkapasitas total 715 MW. 

Bersamaan dengan penawaran obligasi dan sukuk wakalah-nya senilai total Rp 1,2 triliun pada Mei 2018, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengumumkan Sarulla III mulai beroperasi, yang berarti misi energi hijau itu mulai menghasilkan keuntungan.
Saratoga Mundur, Medco Banting Tulang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading