BI Mulai Bahas LTV Hari Ini, Saham-saham Properti Berguguran

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
28 June 2018 10:35
BI Mulai Bahas LTV Hari Ini, Saham-saham Properti Berguguran
Jakarta, CNCB Indonesia - Harga saham sektor properti berguguran pada perdagangan pagi ini saat Bank Indonesia (BI) memulai Rapat Dewan Gubernur (RDG) membahas suku bunga acuan dan relaksasi aturan loan to value (LTV). Indeks sektor prorperti tercatat turun hingga 1,58%, tertinggi dari 10 indeks sektoral yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA) pagi ini terkoreksi 4,55% ke level harga Rp 1.050/saham, saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) turun 3,94% ke level harga Rp 1.585/saham, saham PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) turun 2,73% ke level Rp 535/saham, saham PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) turun 4,55% ke level Rp 954/saham, saham PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) turun 2,78% ke level Rp 338/saham dan saham PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) turun 0,54% ke level Rp 1.840/saham.

Hari ini BI mulai RDG bulanan, dimana agenda pembahasan antara lain terkait relaksasi aturan down payment Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau aturan Loan to Value dan Financing to Value (LTV/FTV). BI mempermudah proses kepemilikan rumah seperti dengan memperbolehkan over kredit sampai pencairan KPR secara inden.


BI memperbolehkan over kredit kepemilikan rumah. Dengan catatan larangan over kredit dalam jangka waktu tertentu. Kecuali over kredit dalam rangka penyelesaian NPL di bank yang sama.

BI memperkenalkan income rules. Di mana income rules adalah calon debitur yang diperbolehkan untuk mengambil lebih dari satu fasilitas kredit. Pelonggaran LTV akan diberikan untuk pengembang dengan kriteria tertentu. Kriteria ini dalam kebijakan LTV sekarang belum diatur.

Sementara untuk KPR inden akan ada skema pencairan dalam escrow account. Dalam LTV yang baru, saat akad, pengembang bisa menikmati dana yang bisa langsung dipakai pengembang. Dalam LTV yang sekarang jika ada pondasi, baru dana bisa digunakan.

Opsi-opsi tersebut akan dibahas dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) 28 Juni 2018.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading