Pertemuan OPEC Jadi Perhatian, Bursa Eropa Ditutup Melemah

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
22 June 2018 06:46
Pertemuan OPEC Jadi Perhatian, Bursa Eropa Ditutup Melemah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa saham utama Eropa ditutup melemah pada perdagangan hari Kamis (21/6/2018) akibat ketegangan di pasar minyak dunia jelang pengumuman hasil pertemuan OPEC yang diperkirakan akan meningkatkan produksi minyak mentah.

Indeks FTSE 100 di London melemah 0,93% ke posisi 7.556,44, indeks DAX di Frankfurt anjlok 1,44% menjadi 12.511,91, dan indeks CAC 40 di Paris berkurang 1,05% ke level 5.316,01.

Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup turun 0,86% dengan sebagian besar sektor dan bursa utama berada di zona negatif, CNBC International melaporkan.


Saham bank-bank Italia, Unicredit, Ubi Banca, dan Intesa Sanpaolo, menjadi beberapa saham berkinerja terburuk hari Kamis menyusul kabar bahwa seorang pejabat yang skeptis terhadap euro telah ditunjuk menjadi anggota komite keuangan Senat Italia.

Sektor otomotif menjadi sektor dengan kinerja terburuk kemarin dengan catatan penurunan 3,29% menyusul laporan bahwa Daimler memangkas perkiraan labanya tahun ini akibat panasnya perang dagang global.


Daimler mengatakan penjualan mobil SUV Mercedes-Benz akan terpukul oleh tarif baru terhadap ekspor mobil Amerika Serikat (AS) ke China. Sementara itu, pabrikan-pabrikan mobil besar Jerman dilaporkan telah mendukung upaya penghapusan bea masuk antara Uni Eropa (UE) dan AS.

Fokus pasar tertuju pada pertemuan negara-negara produsen minyak dunia di Wina, Austria. Para produsen minyak itu tampaknya sudah dekat dengan kesepakatan mengenai produksi minyak meskipun keputusan akhirnya baru akan diumumkan hari Jumat.

Menteri-menteri energi berkumpul di Wina untuk menentukan masa depan kesepakatan OPEC dengan Rusia dan sekutu lainnya mengenai pembatasan produksi yang telah berlangsung selama 18 bulan. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading