Investor Cerna Perjanjian Trump-Kim, Bursa Eropa Terkoreksi

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
13 June 2018 06:44
Investor Cerna Perjanjian Trump-Kim, Bursa Eropa Terkoreksi
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa utama Eropa ramai-ramai melemah pada penutupan perdagangan hari Selasa (12/6/2018) saat para investor berusaha mencerna kabar yang muncul dari pertemuan bersejarah antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara di Singapura.

Indeks FTSE 100 di London terkoreksi 0,43% menjadi 7.703,81, indeks DAX di Frankfurt berkurang 0,61 poin atau sekitar 0% menjadi 12.842,3, dan indeks CAC 40 di Paris melemah 0,38% ke posisi 5.453,37, CNBC International melaporkan.

Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup turun 0,11% setelah sebelumnya sempat menguat di tengah-tengah sesi perdagangan. Berbagai sektor menunjukkan hasil bervariasi saat penutupan.


Fokus utama investor sepanjang perdagangan hari Selasa adalah kesepakatan antara AS dan Korea Utara yang berharap akan menjadi langkah menuju denuklirisasi sepenuhnya dan rezim perdamaian yang abadi di Semenanjung Korea.


Kim mengatakan perjanjian itu akan mendatangkan perubahan besar bagi dunia sementara Trump terlihat yakin konflik Korea akan segera berakhir.

Meskipun kabar tersebut terdengar seperti sebuah sentimen positif, investor tetap cemas mengenai makna "denuklirisasi penuh" yang ditafsirkan masing-masing negara.

Setelah hasil pertemuan itu diumumkan, pasar saham seluruh dunia seolah berhenti sejenak untuk mencernanya. Wall Street bergerak terbatas ke atas menjelang penutupan perdagangan di Eropa. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading