Temui Jokowi, JP Morgan Kini Optimistis Soal Ekonomi RI

Market - Arys Aditya, CNBC Indonesia
02 May 2018 11:58
Temui Jokowi, JP Morgan Kini Optimistis Soal Ekonomi RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), Petinggi JP Morgan Chase Bank menyampaikan beberapa hal yang jadi topik pembicaraan bersama Presiden. Salah satu yang disampaikan yakni mengenai investasi dan isu cyber security.

JP Morgan diwakili langsung oleh CEO Jaime Dimon bersama ‚ÄéManaging Director & Senior Country Officer (CEO) Indonesia Haryanto T Budiman.

"Diskusi dengan Bapak Presiden berjalan sangat baik. Kita diskusi banyak sekali, termasuk diskusi cyber security, investment, terkait dengan hal-hal pengurangan birokrasi," kata Haryanto kepada media setelah bertemu Presiden Jokowi, Rabu (2/5/2018).


"Tadi diskusi banyak dan baik sekali. Jaime juga juga banyak sharing dengan hal-hal yang negara-negara lain. Sangat produktif diskusinya selama 45 menit. JP Morgan sangat optimistis dengan ekonomi Indonesia," imbuh Haryanto lebih jauh.


Sementara, CEO Jaime Dimon mengatakan Presiden Jokowi sudah berhasil memimpin Indonesia dengan cukup baik. "Saya percaya Presiden Jokowi sudah melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk membangun Indonesia demi masyarakatnya," tutur Jaime singkat.

Seperti diketahui, riset JP Morgan pada November 2016 menurut Pemerintah mengganggu stabilitas dan diberi peringatan. Lantaran sudah berulang kali diperingatkan namun tidak menunjukkan itikad baik untuk berkonsolidasi inilah, pemerintah mengambil langkah keras memutus hubungan kerja dengan JP Morgan pada awal Januari 2017.


Riset tersebut berisi tentang Surat Utang Negara Indonesia yang seharusnya ditinggalkan. Hal ini yang membuat Sri Mulyani 'naik pitam'.

Bukan hanya sebagai dealer surat utang, pemerintah juga menyatakan tidak lagi menerima setoran negara dari siapa pun melalui seluruh cabang JP Morgan yang ada.

Kemudian, akan menyelesaikan segala perhitungan atas hak dan kewajiban terkait pengakhiran dan penyelenggaraan layanan JP Morgan Chase Bank sebagai bank persepsi atau bank penerima setoran pendapatan negara.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading