Investasi RI Kalah Dengan Vietnam, Ini Kata Kepala BKPM

Market - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
30 April 2018 17:41
Investasi RI Kalah Dengan Vietnam, Ini Kata Kepala BKPM
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menilai investasi di Indonesia terhitung lebih rendah bila dibandingkan beberapa negara tetangga seperti Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Menurut Thomas, hal itu harus dijadikan tantangan tersendiri oleh Indonesia. Di sisi lain, mengejar ketertinggalan pun dia nilai lebih mudah dibanding telah berada di depan.

"Mengejar ketertinggalan itu paling gampang, tinggal contek, Vietnam lebih sukses tinggal tiru. Justru lebih sulit kalau kita udah di depan, karena satu-satunya cara genjot lagi adalah mengeluarkan ide baru," tutur Thomas di Kantor BKPM, Senin (30/4/2018).


Dengan melihat Vietnam, Thomas mencontohkan Indonesia bisa meniru bagaimana negara itu lebih membuka diri dan bisa membuat investor nyaman dalam menjalankan bisnis. Indonesia, kata dia tertinggal dengan Vietnam salah satunya dalam bentuk bagaimana negara itu telah memiliki perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa.

"Itu kenapa, perjanjian perdagangan Indonesia dan Uni Eropa menjadi sangat penting," ujar Thomas.

Pemerintah dalam hal ini harus dapat bergerak cepat mewujudkan kemudahan berinevstasi lebih baik lagi. Walau begitu, Thomas mengaku kebijakan yang berlaku akhir-akhir ini sebagai cara positif Pemerintah serius membuat iklim investasi menjadi lebih baik.

Dua hal yang dia pandang positif adalah penerapan One Single Submission (OSS) untuk perizinan dan revisi Daftar Negatif Investasi. "Namun, jangan sampai investor mikir ini setengah hati atau tanggung, jadi kami harap ada reformasi yang signifikan di sektor investasi," tutur Thomas.

Penerapan OSS sendiri diyakini dia tak akan bisa berjalan seutuhnya dalam waktu pendek, melainkan akan bertahap. Sebab, pelaksanaannya tersebar di sekitar 590 Pemerintah Daerah se-Indonesia.


(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading