Internasional

Gaji CEO Netflix Tembus Rp 339,5 Miliar Tahun Lalu

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 April 2018 12:29
Gaji CEO Netflix Tembus Rp 339,5 Miliar Tahun Lalu
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Netflix Reed Hastings mendapatkan US$24,4 juta (Rp 339,5 miliar) pada tahun 2017, naik dari gaji tahun 2016 sebesar US$23,2 juta, sebagaimana dilaporkan dalam dokumen pemegang saham yang diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (Securities and Exchange Commission/ SEC) hari Senin (23/4/2018).

Dokumen itu juga menyebutkan bahwa Ted Sarandos, chief content officer perusahan, telah memperoleh bayaran senilai US$22,4 juta, naik dari sebesar US$18,9 juta tahun lalu. Sementara itu, Greg Peters, yang baru menjabat sebagai chief product officer perusahaan pada bulan Juli tahun lalu, mengantongi US$9,2 juta, naik dari tahun sebelumnya yang sebesar US$8 juta.


Namun, chief financial officer perusahaan, David Wells, mendapat US$5,2 juta, turun dari tahun 2016 yang sebanyak US$6 juta, CNBC International melaporkan.


Pemberian bayaran tinggi untuk para eksekutif itu menandakan perusahaan telah sukses berinvestasi dalam pembelian konten-konten baru untuk mengembangkan bisnis layanan film streaming-nya.

Gaji tinggi yang hampir menyamai gaji Hastings, yang diberikan untuk Sarandos, diberikan seminggu setelah perusahaan melaporkan jumlah pelanggan barunya yang melampaui proyeksi Wall Street di kuartal pertama tahun ini.

Dalam sambungan teleponnya dengan para analis pada minggu lalu, Hastings menekankan pembaruan dan penambahan konten di Netflix jauh lebih penting dibandingkan pengembangan teknologi dalam menaikkan pendapatan perusahaan, dilansir dari Reuters.


"Kami akan mengeluarkan lebih dari US$10 miliar untuk membeli konten dan pemasaran dan mengeluarkan US$1,3 miliar untuk teknologi. Jadi, maksud saya, secara obyektif, hal itu akan lebih menjadikan kami sebagai perusahaan media ketimbang perusahaan teknologi murni," ujar Hastings.

"Tentunya, kami ingin berkembang dalam kedua bidang tersebut. Namun, saya tekankan lagi, perusahaan kami sangat berbeda dengan perusahaan-perusahaan teknologi murni," ujarnya dalam telepon tersebut.

Netflix juga memberi uang reimburse kepada Hastings senilai US$760.000 tahun lalu, untuk mengganti biaya perjalanannya dengan menggunakan dua pesawat miliknya. Rata-rata upah untuk karyawannya tahun lalu adalah senilai lebih dari US$183.300 dengan perbandingan 1:133 dengan gaji Hastings. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading