Bahana & Danareksa Bentuk Perusahaan Guna Danai Infrastruktur

Market - Raydion, CNBC Indonesia
01 April 2018 18:37
Bahana & Danareksa Bentuk Perusahaan Guna Danai Infrastruktur
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bahana Kapital Investa dan PT Danareksa Capital beserta BUMN lain membentuk perusahaan private investment fund untuk pembiayaan sejumlah proyek infrastruktur. 

Private investment fund itu akan mengelola dana delapan perusahaan asuransi di antaranya Taspen, Akrindo, Asabri dan 13 dana pensiun (Dapen) seperti Dapen Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Jasa Marga, Telkom dan lainnya. 

''Melalui skema ini, kami meyakini percepatan pembangunan nasional bisa terlaksana sehingga geliat perekonomian akan semakin kuat kedepan,'' ujar Marciano H Herman, Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), yang juga Komisaris Bahana Kapital Investa. 


Pembentukan private investment ini telah disepakati dalam MOU yang ditandatangani pada tanggal 29 Maret 2018 oleh Bahana Kapital Investa dan Danareksa Capital beserta 27 BUMN lainnya. 

Adapun pemerintah dalam anggaran 2018 mengalokasikan dana sebesar Rp 410,7 triliun untuk belanja infrastruktur, naik dari anggaran tahun lalu sebesar Rp 388,3 triliun, yang antara lain akan dipakai untuk membangun 865 km jalan baru, 25 km jalan tol, 8.695 km jembatan, penyelesaian dan lanjutan pembangunan 8 bandara. 

Namun dana ini tentunya belum cukup untuk mendanai seluruh proyek strategis nasional yang membutuhkan dana yang cukup besar.  

''Kehadiran investment fund ini akan menjadi salah satu solusi bagi pendanaan infrastruktur yang lebih terorganisir, sekaligus mengoptimalkan pengelolaan dana milik BUMN baik dengan berinvestasi pada proyek maupun portofolio efek,'' jelas Marciano.   (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading