Uber dan Grab Merger, Begini Nasib Para Mitra Driver

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 March 2018 10:10
Uber dan Grab Merger, Begini Nasib Para Mitra Driver
Singapura, CNBC Indonesia - Uber dan Grab mengumumkan secara resmi penggabungan (merger) bisnis di Asia Tenggara pada hari ini. Merger ini akan membuat Uber memiliki 27,5% saham Grab dan CEO Uber Dara Khosrowshahi akan masuk dalam jajaran direksi Grab.

[Gambas:Video CNBC]
Lalu Bagaimana proses penggabungan bisnis tersebut?

Manajemen menjelaskan untuk meminimalisir disrupsi, Grab dan Uber akan bekerja sama untuk segera melakukan migrasi mitra pengemudi dan penumpang Uber serta pelanggan, rekanan merchant maupun rekanan pengantaran Uber Eats ke platform Grab.


"Aplikasi Uber akan tetap beroperasi selama dua minggu ke depan untuk memastikan stabilitas para mitra Uber, dimana mereka dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai persyaratan pendaftaran mitra Grab secara online [www.grab.com/id/comingtogether]. Uber Eats akan tetap beroperasi hingga akhir Mei, dimana setelahnya rekanan pengantaran dan restoran Uber akan pindah ke platform GrabFood," ujar manajemen dalam keterangan resmi, Senin (26/3/2018).
 
Grab merupakan salah satu mobile platform online-to-offline (O2O) yang paling sering digunakan di Asia Tenggara. Lebih dari 5 juta orang menggunakan gabungan dari platform setiap hari. Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh di lebih dari 90 juta perangkat bergerak, memberikan penumpang akses terhadap lebih dari 5 juta mitra pengemudi dan agen, armada transportasi darat dan jaringan agen terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Grab beroperasi di 195 kota di delapan negara di Asia Tenggara, dan menawarkan pilihan layanan transportasi terbanyak termasuk mobil, motor, taksi, dan layanan carpooling, sebagai tambahan dari layanan pengantaran paket dan pesan-antar makanan. Grab Financial meningkatkan akses terhadap layanan non-tunai untuk jutaan konsumen Grab di seluruh Asia Tenggara, dan menghubungkan masyarakat yang memiliki akses terbatas maupun yang belum memiliki akses terhadap layanan keuangan. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading