Internasional

Ada Skandal Pencurian Data, Zuckerberg Jual Saham Facebook

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 March 2018 15:56
Ada Skandal Pencurian Data, Zuckerberg Jual Saham Facebook
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg ternyata aktif memperdagangkan saham Facebook. Menurut Argus Research Vickers Weekly Insider dalam tiga bulan terakhir Zuckerberg sudah menjual 1,14 juta saham sebagai bagian dari program yang dijadwalkan secara rutin.

Zuckerberg dan eksekutif Facebook lainnya melepas saham dengan harga lebih tinggi US$ 20 dari harga perdagangan Selasa (20/3/2018).

Analis tidak menganggap kebijakan penjualan saham secara rutin oleh eksekutif Facebook ini sebagai tindakan yang salah. Namun, tipisnya volume penjualan bisa menimbulkan overhang atau potensi delusi pada pendapatan pemegang saham publik.


Pada Senin (19/3.2018) harga saham Facebook anjlok 6,77% karena adanya skandal pencurian data 50 juta pengguna facebook. Pada Selasa sore tekanan masih berlanjut. Harga saham Facebook diperdagangkan melemah 5,3% mendekati US$ 163/ saham atau setara Rp 2,2 juta (asumsi US$ 163 = Rp 13.500).

"Orang dalam ini menggunakan aturan 10b5-1 untuk menjual saham secara reguler. Ada rencana trading yang mereka adopsi dan kemudian menjual saham secara metodologis. Saya tidak melihat hubungan antara penjualan saham dengan berita yang beredar beberapa hari ini," ujar Ben Silverman, Direktur Riset InsiderScore, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (20/3/2018).

Facebook memang dikenal sebagai perusahaan yang sering memberikan kompensasi saham kepada para eksekutifnya. Saham tersebut kemudian dijual berdasarkan keputusan pribadi atau mengikuti regulasi dari otoritas jasa keuangan Amerika Serikat atau Securities and Exchange Commission aturan 10b5-1.

Selain Facebook, aksi jual saham oleh eksekutif perusahaan (insider) tertinggi dalam tiga bulan terakhir dilakukan RealPage, Oritani Financial dan Vonage yang masing-masing menjaual lebih dari setengah juta saham.

Zuckerberg menjadi eksekutif perusahaan yang paling banyak menjual sahamnya. Pada September 2017, ia mengumumkan akan menjadul 35 juta hingga 75 juta saham Facebook untuk 18 bulan ke depan untuk mendanai program filantropinya. Zuckerberg bersama dengan istrinya sudah berjanji akan memberikan 99% saham Facebook yang mereka miliki kepada Chan Zuckerberg Initiative yang berfokus pada penyakit dan pendidikan.

Dalam dua minggu terakhir, Zuckerberg cukup aktif jual saham. Pada 8-9 Maret Zuckerberg menjual 228.400 saham, 12-13 Maret melepas 220.000 saham dan 12 Maret melepas 245.000 saham.

Zuckerberg telah menjual menjual 1,14 juta saham dengan harga rata-rata US$ 183,81 dan mendapatkan dana segar hingga US$ 210 juta. Menurut S&P Global Market Intelligence pada hari Rabu Zuckerberg masih memiliki 393,1 juta saham.

Facebook menolak komentar tentang penjualan saham oleh orang dalam yang dijadwalkan ini dan penurunan harga saham.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading