Internasional

Unilever Pindahkan Kantor Pusatnya dari London ke Rotterdam

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 March 2018 16:40
Unilever memutuskan menghentikan operasional dengan dua kantor pusat agar struktur perusahaan lebih sederhana.
Jenewa, CNBC Indonesia - Produsen barang-barang konsumen Unilever mengumumkan akan menutup kantor pusatnya di London, Inggris, dan menjadikan markasnya di Rotterdam, Belanda, sebagai satu-satunya kantor pusatnya yang legal. Keputusan pemindahan itu muncul hampir setahun menuju keluarnya Inggris dari Uni Eropa (UE) atau Brexit.

Perusahaan pembuat sabun Dove dan es krim Ben & Jerry's itu meninjau kembali struktur kepemimpinan ganda perusahaan setelah menolak tawaran pengambilalihan senilai US$143 juta (Rp 2 triliun) dari Kraft Heinz.


Unilever dipaksa memikirkan kembali struktur perusahaannya setelah berusaha menolak tawaran akuisisi terbesar dari Kraft tahun lalu. Perusahaan ini segera menolak tawaran itu dan Kraft mundur dalam beberapa hari. Namun, kejadian itu cukup membuat Unilever berjanji untuk memperbaiki operasional bisnisnya.


Dilansir dari Reuters, perusahaan terbesar ketiga di Inggris itu mengatakan keputusan mengakhiri 88 tahun operasional dengan dua perusahaan induk tidak ada kaitannya dengan Brexit maupun proteksionisme. Keputusan itu diambil agar perusahaan dapat menyederhanakan strukturnya, memperbaiki corporate governance, dan memungkinkan terjadinya kesepakatan akuisisi.

Perusahaan yang terbentuk tahun 1930 dari penggabungan (merger) antara perusahaan pembuat margarin asal Belanda, Margarine Unie, dan pembuat sabun dari Inggris, Lever Brothers, mengatakan 7.300 karyawannya di Inggris tidak akan terkena dampak langkah tersebut dan akan tetap mencatatkan sahamnya di London, Amsterdam, dan New York.

"Ini bukan tentang Brexit," kata CEO Unilever Paul Polman, dilansir dari Reuters. "Unilever ada di 190 negara di dunia. Sebagian besar dari negara itu ada di luar Uni Eropa."

Sebagai bagian dari proses restrukturisasi, Unilever akan membentuk tiga divisi, yaitu divisi Kecantikan dan Perawatan Pribadi (Beauty and Personal Care) dan divisi Perawatan Rumah (Home Care) yang berkantor pusat di London. Divisi Makanan dan Minuman Penyegar (Foods and Refreshment) akan berkantor di Rotterdam.

Unilever telah bertemu dengan pemerintah dari kedua negara untuk membicarakan keputusan pemindahan kantor pusatnya.

"Dewan perusahaan percaya pembagian bisnis menjadi tiga divisi dan penyatuan struktur perusahaan kami akan menjadikan perusahaan lebih sederhana, lebih cepat berkembang, dan lebih terarah dengan meningkatkan fleksibilitas strategis untuk menciptakan perubahan nilai portofolio," ujar Marijn Dekkers, chairman di Unilever.


Pemerintah Inggris mengatakan keputusan Unilever untuk menutup kantor pusatnya di London dan memindahkannya ke Rotterdam sama sekali tidak ada hubungannya dengan keluarnya Inggris dari UE.

"Keputusan perusahaan untuk memindahkan beberapa pegawainya ke kantor pusat di Belanda merupakan bagian dari restrukturisasi jangka panjang yang dibuat perusahaan dan tidak ada hubungannya dengan keluarnya Inggris dari UE," ujar seorang juru bicara pemerintah Inggris.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading