Internasional

Jelang Brexit, Toyota Akan Produksi Model Baru di Inggris

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
01 March 2018 07:27
Jelang Brexit, Toyota Akan Produksi Model Baru di Inggris
London, CNBC Indonesia - Toyota mengatakan pihaknya akan memproduksi mobil Auris generasi berikutnya di Inggris. Pernyataan tersebut menjadi dukungan bagi Perdana Menteri Theresa May di saat Inggris sedang berproses untuk meninggalkan Uni Eropa (UE).

Perusahaan pembuat mobil Jepang tersebut akan membuat Auris baru model hatchback di Burnaston, Derbyshire, untuk menggantikan model saat ini yang juga dibuat di sana, kata perusahaan dalam pernyataan resminya hari Rabu (28/2/2018).


Toyota telah berencana membuat model tersebut di Inggris dengan asumsi bahwa para menteri akan menyepakati kesepakatan transisi Brexit yang dirancang untuk mempertahankan kondisi perdagangan saat ini setidaknya sampai akhir 2020, kata seorang sumber kepada Reuters tahun lalu.


Perusahaan mengatakan perdagangan bebas penting untuk masa depan.

"Dengan sekitar 85% produksi kendaraan Inggris kami diekspor ke pasar Eropa, perdagangan bebas dan tanpa gesekan yang terus berlanjut antara Inggris dan Eropa akan sangat penting untuk kesuksesan di masa depan," kata Presiden dan CEO Toyota Eropa, Johan van Zyl, dalam pernyataan itu.

Menteri Bisnis Greg Clark memuji pengumuman tersebut dan mengatakan sektor otomotif Inggris adalah salah satu yang paling produktif di dunia. Pemerintah Inggris akan terus berupaya menciptakan lingkungan terbaik untuk bisnis, tambahnya.

Tanpa adanya kesepakatan Brexit yang tepat, beberapa perusahaan sejenis khawatir pabrik mereka akan dikenai tarif dan hambatan perdagangan yang akan menambah biaya dan mempertaruhkan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang.

Dilansir dari Reuters, pabrik Toyota di Burnaston menghasilkan 144.000 mobil tahun lalu, turun 20% dari 2016 menurut data industri, karena model saat ini mendekati akhir siklus hidup produk mereka.


Hampir 20% dari mobil tersebut adalah model Avensis. Perusahaan tidak menanggapi apapun terkait model Avensis ini. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading