Hai Milenial, Ini Saat yang Tepat Menabung untuk Beli Rumah

Market - gita rossiana, CNBC Indonesia
22 February 2018 11:23
Jakarta, CNBC Indonesia - Kebutuhan primer setiap orang terdiri dari sandang, pangan dan papan. Namun hal itu berbeda ketika menyangkut perkara generasi milenial.
 
“Kalau bagi milenial, kebutuhan primernya sandang, pangan dan lifestyle,” ujar Senior Vice President Consumer Loans PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Harry Gale saat ditemui di kantornya, Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (22/2/2018).
 
Melihat kenyataan ini, menurut Harry, pihaknya harus mengedukasi generasi milenial yang mengenyampingkan permasalahan papan atau perumahan. Pasalnya, peningkatan harga properti lebih tinggi dari pendapatan masyarakat.
 
Harry mengungkapkan, untuk mengakali harga properti yang meningkat tajam, generasi milenial harus mempersiapkan diri sejak dini. Hal ini bisa dilakukan dengan mendisiplinkan diri dalam menabung supaya bisa membayar uang muka.
 
“Mereka selalu nongkrong, update status sabtu-minggu dan menikmati hidup. Namun pulangnya tetap kos-kosan yang  buat mandi juga masih antre. Makanya mereka harus tetap disiplin, menabung dahulu untuk bisa mencicil uang muka,” kata dia.


Milenial, lanjut Harry juga harus secara bertahap merencanakan pembelian rumah ini. Setelah bisa menabung untuk cicilan uang muka, Milenial bisa secara bertahap tipe rumah yang akan dibeli. Tahap pertama bisa membeli rumah tipe studio. Kemudian dilanjutkan dengan membeli rumah dengan dua kamar.
 
“Tips yang bisa kami berikan yakni membeli rumah bertahap sesuai kemampuan,” ujar dia.
 
Melihat hal ini, Bank Mandiri juga sedang men-setting promo yang sesuai untuk menangkap pasar milenial. Promo ini disesuaikan dengan tipe cicilan dan tipe rumah yang akan dibeli oleh generasi milenial.
 
“Kami sedang setting, misalnya first jobber bisa mencicil Rp 1,5 juta per bulan. Selanjutnya bisa membesar sesuai peningkatan penghasilan,” terang dia.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading