Internasional

Kapitalisasi Pasar Amazon Lampaui Microsoft

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 February 2018 13:21
Kapitalisasi Pasar Amazon Lampaui Microsoft
Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa e-commerce Amerika Serikat (AS), Amazon, kini bernilai lebih tinggi daripada Microsoft.

Kapitalisasi pasar Amazon, yang didapat dari pengalian antara harga penutupan saham dengan jumlah saham beredar, naik menjadi US$702,5 miliar (Rp 9,5 kuadriliun) pada hari Rabu (14/2/2018).

Untuk pertama kalinya, kapitalisasi pasar Amazon melampaui Microsoft yang senilai $699,2 miliar pada penutupan perdagangan hari yang sama, dilansir dari CNBC International.


Hanya Apple dan Alphabet yang berada di atas Amazon dalam daftar perusahaan dengan nilai tertinggi di dunia. Microsoft berada di posisi kelima disusul raksasa e-commerce China, Tencent, dan juga Facebook sebagai enam perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar dunia.

Keenam perusahaan tersebut seluruhnya berasal dari sektor teknologi.


Pada perdagangan hari Rabu lalu, saham Amazon naik 2,6% menjadi $1.451,05 per unit sementara saham Microsoft naik 1,6% menjadi $90,81.

Kenaikan kapitalisasi pasar Amazon sebesar 73% dalam setahun terakhir tersebut menjadikan CEO perusahaan, Jeff Bezos, orang terkaya di dunia, melampaui Bill Gates, co-founder Microsoft.

Tetap saja, saham Microsoft telah mencatatkan kenaikan sebesar 41% dalam 12 bulan terakhir. Perusahaan pembuat perangkat lunak itu juga tetap memiliki uang tunai dalam yang besar sampai saat ini.

Amazon merupakan perusahaan e-commerce, sedangkan Microsoft adalah perusahaan teknologi komputer. Namun, perbedaan bisnis tersebut tidak menghalangi persiangan mereka membangun infrastruktur komputasi awan, di mana usaha baru Amazon yang diberi nama Amazon Web Services telah berhasil menarik perhatian Wall Street. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading