Dua Perusahaan Minat Terbitkan Green Bonds

Market - Shuliya Ratanavara, CNBC Indonesia
12 January 2018 17:29
Dua Perusahaan Minat Terbitkan Green Bonds
Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan sudah dua perusahaan yang menyampaikan minat untuk menerbitkan surat utang berwawasan lingkungan berkelanjutan (green bonds).

“Minatnya banyak yang aku tahu, yang datang ke aku ada dua.,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen di Bursa Efek Indonesia, Jumat (12/01/2018).

Namun, ia belum bisa menyampaikan perusahaan mana saja yang sudah menunjukkan minat mereka. Hoesen menambahkan, yang jelas perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan lingkungan hidup seperti perkebunan dan kehutanan.

Ia juga menjelaskan nantinya tidak tertutup kemungkinan bagi perusahaan energi untuk menerbitkan green bonds. “Itu kaitannya nanti pemanfaatan energi. Saya belum tahu nanti bisnis modelnya seperti apa,” jelas Hoesen.

Adapun, dua perusahaan yang sudah menunjukkan minat mereka ini merupakan penerbit obligasi baru. Artinya mereka belum pernah menerbitkan obligasi sebelumnya.

Selain itu, ia juga menyatakan OJK siap memberikan insentif bagi perusahaan yang ingin menerbitkan green bonds. Meski belum menentukan insentif seperti apa yang diberikan, Hoesen menyatakan insentif yang biasa diminta oleh penerbit green bonds adalah insentif pajak.

“Semua pelaku usaha itu umumnya insentif itu dari pajak. Belum dibicarakan secara formal (skema insentifnya),” jelas Hoesen.




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading