Mau Bangun LRT Rp 400 T, Saham Ratu Prabu Tetap Gocap

Market - houtmand p saragih, CNBC Indonesia
08 January 2018 10:45
Mau Bangun LRT Rp 400 T, Saham Ratu Prabu Tetap Gocap
  • Nilai saham tak berubah sejak Februari 2017
  • Proyek LRT sepanjang 400 km memerlukan dana yang sangat besar
Jakarta, CNBC Indonesia – Kinerja saham PT Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI) tidak terpengaruh oleh wacana perseroan yang akan membangun proyek Light Rail Transport (LRT). Harga saham ARTI tak bergerak dari harga Rp 50 per saham pada perdagangan hari ini, harga tersebut tak berubah sejak Februari 2017.

Aktivitas perdagangan pagi ini yang tercatat sebanyak 10,82 juta saham senilai Rp 541 juta, nilai transaksi yang tidak terlalu signifikan. Nilai kapitalisasi saham saham berkode ARTI tersebut tercatat hanya Rp 392 miliar.

Hal ini menjadi pertanyaan bagi sebagian kalangan investor, mampukah Ratu Prabu Energi membangun proyek LRT di Jabodetabek sepanjang 400 km dengan nilai yang sangat besar, yaitu Rp 405 triliun ? Ini menjadi pertanyaan banyak pihak apalagi selama ini, bisnis utama Ratu Prabu Energi adalah minyak dan gas bumi, sementara pembangunan LRT lebih kepada aktivitas pembangunan infrastruktur.


Hingga kuartal III 2017, Ratu Prabu tercatat membukukan penjualan Rp 162,95 miliar. Total nilai aset perseroan tercatat Rp 2,54 triliun dengan nilai ekuitas yang tercatat sebesar Rp 1,74 triliun. Kinerja keuangan perseroan dalam lima tahun terakhir cenderung fluktuatif.

Harga saham yang cenderung tak bergerak dari level Rp 50 per saham tersebut mencerminkan harga saham tidak diapresiasi investor dengan price to earning ratio (PER) 0 kali dan price to book value (PBV) sebesar 0,23 kali. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading